news okezone.com
Okezonenews » Home » High School » Jangan Lupa, 2 Hari Lagi Akhir Pendaftaran SNMPTN

getting time ...

HIGH SCHOOL

Jangan Lupa, 2 Hari Lagi Akhir Pendaftaran SNMPTN

Ade Hapsari Lestarini - Okezone
Selasa, 04 Maret 2014 10:09 wib
Ilustrasi. (Foto: Heru Haryono/okezone)
Ilustrasi. (Foto: Heru Haryono/okezone)

JAKARTA - Pendaftaran seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) ditutup dua hari lagi, yakni pada 6 Maret 2014. Bagi kalian yang siswa SMA/SMK/MA/MK, baik negeri maupun swasta, juga yang bersekolah di luar negeri, masih punya waktu dua hari lagi nih.

Para pelajar pun kembali diingatkan, sebelum mendaftar SNMPTN harus mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) yang dilakukan oleh sekolah dan diverifikasi oleh siswa. Barulah melakukan pendaftaran.

Mengutip laman Sekretariat Kabinet (Setkab), Selasa (4/3/2014), ketika mengisi PDSS, cek dahulu persyaratan dan ketentuan dalam mendaftar SNMPTN. Pertama, siswa pelamar, menggunakan NISN dan password yang diberikan oleh Kepala Sekolah pada waktu verifikasi data di PDSS, login ke laman SNMPTN http://www.snmptn.ac.id untuk melakukan pendaftaran.

Kedua, siswa pelamar mengisi biodata, pilihan perguruan tinggi negeri (PTN), dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pas foto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada). Di sini, siswa harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN yang akan dipilih.

Ketiga, pelamar program studi keolahragaan dan seni harus mengunggah portofolio atau dokumen bukti keterampilan yang diisi oleh Kepala Sekolah dan/atau siswa menggunakan pedoman yang dapat diunduh pada laman http://www.snmptn.ac.id. Nah, kamu harus mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.

Keempat, sekolah dan/atau siswa pelamar yang mengalami kesulitan akses Internet, proses pengisian PDSS maupun pendaftaran dapat dilakukan di Plasa Telkom dan/atau Kantor Pos online di seluruh Indonesia.

Berikut jadwal pelaksanaan SNMPTN:
- Jadwal pengisian PDSS pada 6 Januari-6 Maret 2014, serta selanjutnya akan diisikan secara berkala setiap akhir semester.

- Pendaftaran pada 17 Februari-31 Maret 2014.
- Proses seleksi pada 1 April-26 Mei 2014.
- Pengumuman hasil seleksi pada 27 Mei 2014.
- Pendaftaran ulang di PTN masing-masing bagi yang lulus seleksi pada 17 Juni 2014 bersamaan dengan pelaksanaan ujian tertulis SBMPTN 2014.

Berita Selengkapnya Klik di Sini


(ade)

BACA JUGA ยป