Biaya dan Syarat Umrah Selama Pandemi Covid-19

Penulis: Sopan Arman Inggara, Ilustrasi: Jurnalis
Kamis 13 Januari 2022 20:01 WIB
JAMAAH Indonesia kini sudah bisa melakukan perjalanan umrah lagi. Hal tersebut bisa dilakukan setelah mendapat izin dari Pemerintah Arab Saudi. Tapi, jamaah umrah Tanah Air wajib menerapkan protokol kesehatan secara ketat, baik di dalam negeri maupun Arab Saudi, mengingat merebaknya covid-19 varian omicron.
 
Baca Juga: Hari Ini, 500 Jemaah Umrah Indonesia Diberangkatkan
 
Terkait dibukanya kembali perjalanan umrah untuk jamaah Indonesia, terungkap juga biaya melaksanakannya. Ketua Umum Serikat Penyelenggara Umrah Haji Indonesia (Sapuhi) Syam Resfiadi mengatakan biaya termurah perjalanan ibadah umrah pada masa pandemi covid-19 mencapai Rp32 juta.
 
"Karena angka menjadi lebih mahal yang awalnya Rp20 juta, kita sekarang minimal Rp32 juta," ungkapnya, Rabu 12 Januari 2022, seperti dikutip dari Antara.
 
Baca Juga: Arab Saudi Tingkatkan Kapasitas Jemaah Umrah
 
Ia mengatakan angka tersebut termasuk biaya karantina di Arab Saudi dan Indonesia ketika sudah pulang kelak.
 
Sementara biaya termahalnya dapat menyentuh angka Rp45 juta hingga Rp55 juta. Adapun fasilitas yang didapat salah satunya penginapan hotel bintang 5 internasional.
 
"Sekarang minimal Rp32 juta dengan karantina di Arab Saudi maupun Indonesia. Itu paling murah. Mendapat hotel bintang 4 lokal," paparnya.
 
Selengkapnya simak dalam infografis umrah saat pandemi Covid-19 di atas ya!
 
Lihat Juga: Pakai QRIS, Jemaah Umrah dan Haji Tidak Perlu Bawa Uang Tunai