Asteroid Sebesar Gedung Empire State Dekati Bumi

Penulis: Uci Alrasyid, Ilustrasi: Jurnalis
Jum'at 14 Januari 2022 15:30 WIB
Sebuah asteroid dengan lebar sebesar gedung Empire State akan terbang melewati Bumi pekan depan. Namun tak perlu khawatir, karena menurut ahli asteroid ini masih berada pada jarak aman.  
 
 
Baca juga:
--------------------------
Fakta 2008 G020, Asteroid Seukuran Stadion Sepak bola
----------------------------
6 Fakta Seputar Planet Mars
----------------------------
 
 
Diperkirakan, asteroid itu akan melintas dalam jarak 1,2 juta mil (hampir 2 juta km) dari Bumi sehingga tidak ada bahaya bagi makhluk di dalam Bumi. 
 
Kendati demikian, para ahli di NASA mengatakan itu akan menjadi asteroid terdekat yang akan datang untuk 200 tahun ke depan.
 
Melansir laman BBC, Kamis (13/1/2022), asteroid selebar sekitar 1 kilometer itu diperkirakan bakal terbang melewati Bumi pada Selasa, 18 Januari 2022 dengan kecepatan lebih dari 47.000 mil per jam (lebih dari 75.000 kilometer per jam). 
 
Sebagai informasi, tim ilmuwan di Pusat Studi Objek Dekat Bumi NASA, yang melacak benda-benda kecil seperti asteroid, komet, dan planet kerdil, pertama kali menemukan batu ruang angkasa pada 1994, dan menamakannya 7482 (1994 PC1). 
 
Hingga saat ini, NASA tidak mendeteksi ada asteroid yang menjadi ancaman bagi Bumi, tetapi NASA sedang bersiap-siap untuk berjaga-jaga jika hal tak terduga terjadi. 
 
Mereka bahkan memiliki misi di luar angkasa yang saat ini disebut DART, tujuannya untuk mencoba mengalihkan asteroid dengan menabraknya. 
 
Simak Infografis.