Share

7 Daerah Berjuluk Kota Santri di Indonesia

Penulis: Bayu Airlangga, Ilustrasi: Jurnalis
Jum'at 04 Februari 2022 13:55 WIB
MUNGKIN kata 'Kota Santri' sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Bahkan, julukan ini pun sempat dibuat lagu yang cukup viral. Kota Santri maksudnya adalah kota di mana banyak pesantren-pesantren yang berdiri dan menjadi pusat pembelajaran Islam di Indonesia.
 
Kota-kota santri ini termasuk pesantren klasik, modern, atau bahkan pesantren tempat mencetak pada tahfidz Al Quran.
 
Baca juga: 7 Fakta Menarik Tentang Batik
 
Dirangkum MNC Portal Indonesia, berikut adalah 7 kota di Indonesia yang berjuluk kota santri.
 
Kudus
 
Kota pesantren yang cukup masyhur adalah Kudus. Entah mengapa kota ini sangat kental dengan yang namanya tahfidz Quran. Jadi, jika Anda ingin menghafal Al Quran dengan kualitas terbaik, datanglah ke Kudus.
 
Salah satu alasannya yakni pesantren Yanbu'ul Quran. Ini adalah pesantren tahfidz Quran paling terkenal di Indonesia. Rinci, ketat, dan mendidik dari kecil. Dari pesantren inilah tumbuh pesantren tahfidz Quran lainnya seperti Nahdathul Quran Lil Banat, juga sejenisnya.
 
Kendal
 
Kota Kendal memang sangat khas dengan pesantren terutama di wilayah Kaliwungu. Identitas di kota ini adalah pesantren dengan pendidikan Al Quran. Sebut saja pesantren Daarul Arqom, juga pesantren lainnya Al Fadhlu wal Fadhilah serta pesantren lainnya yang tumbuh dan berkembang di Kendal.
 
Baca juga: 5 Kota Terpadat di Dunia, Mana Saja?
 
Tuban
 
Di kota ini, terdapat pesantren cukup terkenal, dan juga salah satu pesantren terbaik di Indonesia, yaitu Langitan. Pesantren ini dikenal memiliki identitas khas pesantren salaf, dengan metode tradisional.
 
Uniknya, metode tersebut justru membuat pesantren-pesantren lain juga semakin tumbuh dan berkembang. Oleh sebab itu, Tuban layak masuk ke dalam kota santri yang ada di Indonesia.
 
Banten
 
Selain dikenal sebagai kota debus, Banten juga dikenal sebagai kota santri. Hal ini karena banyaknya pesantren yang ada di Banten. Identitas pesantren di kota yang dekat dengan DKI Jakarta ini adalah modern, dengan ciri khas pendidikan umum yang mewarnainya.
 
Kediri
 
Berbicara mengenai Kediri, kota ini sangat beda dengan kota santri lainnya. Kediri merupakan kota santri dari perkotaan hingga desanya. Banyak pesantren yang bertebaran. Bahkan, beberapa pesantren yang ada di Kediri masuk dalam jajaran pesantren terbaik di Jawa Timur, bahkan di Indonesia.
 
Jombang
 
Kota pesantren berikutnya adalah Jombang. Siapa yang mengelak bahwa Jombang merupakan kota santri yang penuh dengan pesantren. Sebut saja Tebu Ireng, ini merupakan tonnggak penting bagi sejarah Nahdatul Ulama di Indonesia.
 
Belum lagi pesantren lainnya seperti Wali Songo, kemudian Tambak Beras. Tidak terhitung banyaknya pesantren di kota ini, sehingga Jombang mendapatkan predikat sebagai kota pesantren di Indonesia.
 
Ponorogo
 
Jika Anda berkunjung ke kota kecil ini, Anda tidak akan tahu bahwa banyak pesantren tersembunyi, karena sangat jarang yang ada di kota. Namun demikian, jika sudah masuk ke desa-desa, maka muncullah nama Gontor. Di kota ini, ada 3 Gontor, pusat, Gontor 2, dan kemudian Universitas Gontor.
 
Dari pondok Gontor inilah lahir pesantren-pesantren besar lainnya, seperti Wali Songo Ngabar, Pesantren Muqaddasah, Pesantren Khusus Putri Al Mawaddah, Al Khair Jenangan, dan masih banyak lagi. Makanya, setiap Jumat, Anda akan melihat banyaknya santri di Ponorogo.
 
 
 
 
 
 
Selengkapnya simak infografis diatas ya.