Share

7 Pantai Sekitar Sirkuit Mandalika NTB

Penulis: Bayu Airlangga, Ilustrasi: Jurnalis
Rabu 16 Februari 2022 15:11 WIB
SEDIKITNYA 7 Pantai dekat Sirkuit Mandalika Nusa Tenggara Barat (NTB) yang wajib dikunjungi. Sirkuit Mandalika telah berhasil menjadikan Lombok sebagai pulau pertama di luar Pulau Jawa yang memiliki sirkuit bertaraf internasional.
Selain digunakan untuk gelaran Superbike, sirkuit ini juga dimanfaatkan untuk gelaran-gelaran otomotif lainnya, bahkan pagelaran MotoGp sudah dapat dipesan tiketnya mulai sekarang.
Pemilihan lokasi Sirkuit Mandalika di Pulau Lombok bagian selatan ini memang tidak terlepas dari keindahan pantai di Kawasan Wisata Terpadu Mandalika. Secara geografis, kontur garis pantai di Pulau Lombok bagian selatan memiliki ciri khas.
 

Yakni, garis pantai yang tidak lurus dan cenderung membentuk cekungan ke dalam dan membentuk teluk.Tak hanya itu, dengan kontur ini menjadikan pantai di sekitar Sirkuit Mandalika memiliki ombak yang tidak terlalu besar lantaran tidak berhadapan dengan laut lepas. Sehingga pantai sekitar cocok untuk dinikmati untuk berenang, berperahu, dan snorkeling.
1. Pantai Kuta Lombok
Tempat wisata satu ini menjadi jantung dari lokasi Sirkuit Mandalika sekaligus lokasi Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Mandalika. Pantai Kuta Lombok terletak di di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat dengan garis Pantai Kuta membentang sepanjang 7,2 Kilometer.
Selain bentuk pasir yang berupa butiran merica, sekeliling pantai juga ada bukit-bukit, seperti Bukit Mandalika yang umum menjadi latar belakang saat foto.
 
2. Pantai Tanjung Aan
Pantai yang berjarak sekitar 3 kilometer dari Pantai Kuta Lombok ini dapat ditempuh sekitar 15 menit. Sama halnya dengan Pantai Kuta, tekstur pasir putih di Pantai Tanjung Aan juga berbentuk butiran merica yang sangat khas.
Pantai ini sangat cocok untuk bermain air di tepian pantai lantaran deburan ombak yang relatif tenang dan tidak terlalu besar. Pantai Tanjung Aan juga memiliki bukit hijau yang menawan, salah satunya adalah Bukit Merese.
3. Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Tunak
Berada di wilayah timur dari selatan Pulau Lombok, Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Tunak dapat ditempuh sekitar 25 menit dari Kawasan Wisata Mandalika. Tepatnya, berlokasi di Desa Mertak, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, NTB.
 
4. Pantai Mawun
Berlokasi di barat Sirkuit Mandalika,Pantai Mawun berada di Desa Tumpak, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Garis yang berbentuk tapal kuda diapit dengan Bukit Pengolo dan Bukit Nettem ini menjadikan Pantai Mawun menjadi laguna yang terbentuk secara alami.
 
5. Pantai Selong Belanak
Berlokasi di barat Pantai Mawun, Pantai Selong Belanak memiliki panorama yang indah. Uniknya pantai ini memiliki dua jenis ombak, yakni: sisi barat pantai ombaknya cukup besar sehingga dimanfaatkan oleh banyak peselancar. Sedangkan, di bagian lain ombaknya tidak terlalu besar yang cocok untuk dinikmati dengan bermain air di tepian pantai.
 
6. Pantai Seger
Terletak tidak jauh dari Pantai Kuta Lombok, Pantai Seger berjarak sekitar 7,3 km dari Sirkuit Mandalika. Umumnya, wisatawan menghabiskan waktu di tempat ini untuk berenang, snorkeling, dan berselancar.
 
7. Pantai Are Guling
Jika ingin eksplor pantai yang tersembunyi, Pantai Are Guling bisa menjadi pilihan. Berjarak 16 km dari Sirkuit Mandalika, pantai ini memiliki daya tarik tersendiri.