Share

7 Tempat Wisata Dilarang DiFoto

Penulis: Bayu Airlangga, Ilustrasi: Jurnalis
Minggu 03 April 2022 14:05 WIB
TERDAPAT tempat wisata yang tak boleh difoto yang wajib diketahui. Tempat wisata menjadi salah satu objek yang wajib dikunjungi saat berlibur di suatu tempat.
Untuk mengenang momen liburan tersebut, umumnya para wisatawan mengabadikan momen dengan berfoto. Tak ayal, banyak jasa fotografi di beberapa tempat wisata yang terkenal.
 
BACA JUGA: 7 Tempat Wisata Populer di Indonesia
 

Tetapi tahukah jika ada beberapa tempat wisata yang tidak boleh mengambil gambar atau foto? Bahkan jika ketahuan melanggar aturan tersebut terdapat sanksi yang tidak main-main.
Parliament Square & Trafalgar Square, London
Cukup banyak tempat wisata yang dapat dikunjungi ketika berada di London, Inggris. Beberapa di antaranya ialah London Eye, Big Ben, Istana Buckingham, Hyde Park, serta Parliament Square dan Trafalgar Square.
Namun, perlu diketahui Parliament Square dan Trafalgar Square menjadi salah satu tempat yang dilarang untuk difoto. Sebenarnya boleh saja, asalkan hasil foto tersebut hanya digunakan untuk kepentingan pribadi saja.
 
BACA JUGA: 7 Kota Paling Menakjubkan di Dunia
 
Baduy Dalam, Banten
Di Indonesia juga terdapat kawasan wisata yang tidak boleh mengambil gambar. Kawasan itu adalah kawasan Baduy Dalam. Kawasan Baduy sendiri merupakan sebuah desa di Lebak, Banten yang masih memegang aturan adat secara turun-temurun.
 
Biarpun begitu, mereka tidak menutup diri dari masyarakat luar Baduy yang ingin berkunjung. Wisatawan yang berkunjung, diperbolehkan melakukan beberapa hal seperti bermain ponsel dan memotret ketika masih berada di area Baduy Luar.
Masjidil Haram, Mekkah
Masjidil Haram bukanlah tempat wisata, namun tiap harinya tempat ibadah suci umat Muslim ini selalu dipenuhi jemaah dari seluruh dunia.
Di sela beribadah, banyak jamaah yang menyempatkan diri untuk memotret kemegahan dan keindahannya. Hanya saja, belum banyak orang yang tahu jika masjid yang terletak di Mekkah, Arab Saudi ini dilarang dipotret atau berfoto di sana.
 
Praktik demikian ternyata telah dilarang oleh pihak Kerajaan Arab Saudi. Peraturan yang tergolong baru tersebut disampaikan lewat nota diplomatik Kementerian Luar Negeri Kerajaan Arab Saudi kepada beberapa negara.
Valley of the Kings, Mesir
Mesir terkenal dengan peninggalan-peninggalan kerajaan zaman dulu, di antaranya kuburan tempat disemayamkannya mumi-mumi Firaun serta piramida.
 
Salah satu tempat wisata yang tak boleh ketinggalan dikunjungi ialah Valley of the Kings. Tempat wisata yang sangat menarik mata ini tidak diperbolehkan untuk memotret bagian dalamnya.
Menara Eiffel, Perancis
Siapa yang tak kenal dengan tempat wisata satu ini? Menara Eiffel merupakan tempat wisata yang wajib dikunjungi bila tengah berada di Perancis.
Terdapat banyak orang yang tiap hari berfoto di sana sebagai kenang-kenangan, bahkan tempat tersebut kerap menjadi latar pembuatan film. Hanya saja, banyak orang belum mengetahui terkait satu larangan yang harus dipatuhi. Yakni, memotret Menara Eiffel di malam hari.
Desa Bergun, Swiss
Larangan memotret tempat wisata sebenarnya banyak diterapkan di berbagai negara. Salah satu yang memberlakukan hal ini adalah desa wisata Bergun di Swiss.
Pasalnya, pihak pengelola melarang turis memotret dan menyebarluaskan foto wisatanya di Desa Bergun lantaran khawatir dapat membuat orang yang melihatnya jadi depresi. Hal tersebut disebut-sebut didasari sebuah penelitian ilmiah.
Red Light District, Amsterdam
Amsterdam memiliki sebuah tempat lokalisasi (Red Light District) bernama De Wallen yang bebas dilalui siapa saja, termasuk turis.
Di siang hari, bangunan-bangunan berkaca yang ada di sepanjang kanal tampak biasa saja. Namun saat malam hari, kaca bangunan tersebut beralih fungsi menjadi display yang menunjukkan para pekerja seks komersial (PSK) dari tempat lokalisasi tersebut.
Ada satu larangan yang sudah menjadi rahasia umum di area ini yaitu, boleh dilihat, tak boleh dipegang, dan tak boleh juga difoto.