Share

5 Negara dengan Nilai Tukar Rupiah Tinggi

Penulis: Bayu Airlangga, Ilustrasi: Jurnalis
Kamis 28 April 2022 12:12 WIB
ADA 5 negara dengan nilai tukar Rupiah tinggi. Rupiah, sebagaimana mata uang negara lain, punya nilai tukar yang berbeda-beda tergantung tempat. Di Asia, nilai tukar Rupiah tergolong rendah karena banyak faktor.
Namun, sejatinya Rupiah bukanlah mata uang yang buruk-buruk amat. Bahkan di beberapa negara nilai tukar Rupiah diketahui sangat tinggi. Jadi bisa jadi pilihan destinasi untuk liburan murah bagi turis Indonesia, karena tak perlu bawa uang banyak-banyak.
 
 BACA JUGA: Destinasi Wisata yang Kisahnya Melegenda
 
Dimana saja? Berikut ini MNC Portal rangkumkan deretan tempatnya.
1. Vietnam
Negara dengan nilai tukar rupiah tinggi pertama adalah Vietnam. Dikenal berkat keindahan alamnya, negara ini menjadi salahsatu destinasi wisata favorit orang Indonesia karena mata uangnya yang tak beda jauh dengan Indonesia; 1 Dong Vietnam setara dengan Rp0,6.
2. Laos
Negara dengan nilai tukar rupiah tinggi ke-dua adalah Laos. Terjepit di antara empat negara, Laos punya mata uang bernama Kip yang nyaris setara dengan rupiah; 1 Kip bisa ditukar dengan Rp1,19 saja.
 
 BACA JUGA: 20 Tempat Wisata di Pulau Jawa
 
3. Kamboja
 
Negara dengan nilai tukar rupiah tinggi selanjutnya adalah Kamboja. Di negara ini warga negara Indonesia bisa tinggal dan berwisata dengan murah karena mata uangnya, Riel, yang bisa ditukar dengan Rp3,57.
4. Sao Tome dan Principe
Negara dengan nilai tukar rupiah tinggi berikutnya adalah Sao Tome dan Principe. Terletak di Afrika Tengah, negara ini punya mata uang bernama Dobra yang tak beda jauh dengan mata uang Indonesia; yaitu setara dengan Rp1,5.
5. Kolombia
Negara dengan nilai tukar rupiah tinggi terakhir adalah Kolombia. Meski masuk benua Amerika, rupanya negara Kolombia punya nilai tukar rupiah yang cukup menggiurkan; di sana, 1 Peso Kolombia bisa ditukar dengan Rp3,6.