Share

Kalahkan Myanmar 3-1, Garuda Muda Lolos ke Semifinal!

Penulis: Bayu Airlangga, Ilustrasi: Jurnalis
Minggu 15 Mei 2022 20:54 WIB
Timnas Indonesia U-23 lawan Myanmar di partai pamungkas Grup A SEA Games 2021. Pertandingan itu berlangsung di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, Minggu (15/5/2022), sore WIB.

Pertandingan berjalan sengit sejak menit pertama. Meski begitu, Timnas Indonesia U-23 tampil lebih baik sehingga bisa menang telak 3-1 atas Myanmar. Timnas Indonesia U-23 pun memastikan diri lolos ke semifinal SEA Games 2021.


Babak Pertama
Garuda Muda langsung mengambil inisiatif menyerang lebih dulu. Sektor kiri pertahanan Myanmar dieksploitasi Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan.
Egy Maulana Vikri mendapat peluang perdana pada menit keempat. Namun, tendangan kerasnya di dalam kotak penalti lawan masih melambung jauh dari mistar gawang.
 
Baca Juga: Daftar Tim Bulu Tangkis Indonesia di SEA Games 2021
 
Dua menit berselang, kebuntuan pun akhirnya terpecahkan lewat kombinasi Egy dan Irfan Jauhari. Egy membuka skor 1-0 usai memanfaatkan bola rebound yang dibuat Irfan di dalam kotak penalti.

Tak butuh waktu lama, skor langsung berubah 2-0, tepatnya menit ke-10. Kali ini, Witan Sulaeman yang menjadi aktor dalam menggandakan keunggulan, diawali umpan cantik dari Ricky Kambuaya. Tendangannya meluncur mulus ke pojok kiri gawang milik Pyae Phyo.

Keunggulan dua gol ini membuat permainan anak asuh Shin Tae-yong lebih lepas. Gempuran yang diberikans secara masif membuat barisan pertahanan Myanmar kerap kali kalang kabut.

High pressing Garuda Muda, yang tak begitu terlihat, membuat Myanmar menemukan permainannya pada menit 20-an. Karena itu, Myanmar sempat merobek gawang Ernando Ari menit ke-26. Beruntung, gol tersebut dianggap offside.

Myanmar terus mencoba membongkar barisan pertahanan Garuda Muda. Gempuran terus diberikan untuk memperkecil kedudukan jelang babak pertama bubaran. Namun, upaya tersebut selalu dipatahkan Ernando Ari tampil gemilang di bawah mistar.

Alih-alih mencetak gol, Myanmar malah kecolongan jelang turun minum. Adalah Marselino Ferdinan yang membuat Garuda Muda memimpin dengan skor 3-0 saat waktu istirahat tiba.

Babak Kedua
Timnas Indonesia U-23 tidak memulai babak kedua dengan baik. Pasukan Shin Tae-yong berada di bawah tekanan Myanmar yang memburu gol pertama dalam pertandingan ini.

Akhirnya, pertahanan Timnas Indonesia U-23 pun bobol pada menit ke-67. Adalah Win Naing Tun yang memperkecil kedudukan jadi 1-3 untuk Myanmar.
Usai gol itu, pertahanan Timnas Indonesia U-23 diserbu gelombang serangan Myanmar. Garuda Muda pun mengandalkan serangan balik untuk membalas Myanmar.

Meski Myanmar beberapa kali dapat peluang emas, kemenangan 3-1 Timnas Indonesia U-23 tidak berubah hingga pertandingan berakhir. Dengan demikian, Timnas Indonesia U-23 pun lolos ke semifinal.