Share

3 Tokoh Polwan Paling Populer di Indonesia

Penulis: Uci Alrasyid, Ilustrasi: Jurnalis
Selasa 21 Juni 2022 14:13 WIB
Polisi wanita (polwan) merupakan anggota Polri yang kiprah dan prestasinya tak kalah dari polisi pria. Polwan dengan sigap melakukan tugasnya dengan baik sehingga patut menjadi teladan dan inspirasi.


Berikut adalah tokoh polwan yang populer di Indonesia sebagaimana dirangkum Tim Litbang MPI:
 
Baca Juga: Deretan Polwan Cantik Siap Lindingi Masyarakat
 
1. Mariana Saanin Mufti
Mariana Saanin Mufti adalah salah satu perintis polwan yang memiliki jasa besar. Bersama dengan Nelly Pauna Situmorang, Djasmainar Husein, Dahniar Sukotjo, Rosmalina Pramono, dan Rosnalia Taher, mereka mendirikan sekolah polisi untuk wanita di Bukittinggi, Sumatera Barat pada 1 September 1948.
 
2. Jeanne Mandagi
 
Sosok Jeanne Mandagi patut dijadikan suri teladan bagi seluruh perempuan Indonesia, tidak hanya bagi para polwan. Ia merupakan Jenderal Polisi wanita pertama yang berada di tubuh Polri. Perempuan kelahiran Manado, 2 April 1937 itu diangkat menjadi polwan pada 1 Desember 1965. Sebelumnya, ia menempuh pendidikan hukum di Universitas Indonesia (UI).
 
3. Juansih
 
Juansih adalah seorang polwan dengan karier cemerlang. Bukan hanya dalam pekerjaan, namun juga pendidikan. Sosok berpangkat Brigjen ini menjadi polwan dengan predikat doktor pertama yang dimiliki Polri. Ia menamatkan pendidikan S3 di Universitas Airlangga dengan jurusan sumber daya manusia pada tahun 2015.
 
Simak selengkapnya di Infografis.