Share

4 Tokoh Betawi Pernah Menjadi Menteri

Penulis: Uci Alrasyid, Ilustrasi: Jurnalis
Rabu 22 Juni 2022 11:26 WIB
DARI keberagaman yang ada di Indonesia, suku merupakan salah satu bagian yang tidak terpisahkan dari identitas masyarakat Indonesia. Salah satu suku yang mendiami Pulau Jawa, tepatnya di daerah DKI Jakarta, adalah suku Betawi.
 
Baca Juga: 3 Menteri Paling Lama Menjabat di Pemerintahan Soekarno
 
Suku Betawi atau masyarakat Jakarta kerap eksis di lingkungan pekerjaan, salah satunya di pemerintahan. Berikut tokoh-tokoh Betawi atau Jakarta yang pernah menjadi menteri.
 
Baca Juga: Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan: Saya Akan Kerja Cepat
 
Suryadharma Ali
Suryadharma Ali merupakan seorang politikus asal Jakarta yang lahir pada 19 September 1956. Pada masa pemerintahan presiden SBY, ia menjabat sebagai Menteri Agama Indonesia dari 22 Oktober 2009 pada Kabinet Indonesia bersatu II. Ia sempat terjerat kasus korupsi terkait dana haji, hingga akhirnya Suryadharma resmi melepas jabatan menterinya pada 26 Mei 2014.
 
Imam Syafei
Salah satu tokoh terkenal pada masa pemerintahan Orde lama, Imam Syafei, merupakan putra Betawi kelahiran Pejaten, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Darah Betawi memang mengalir di dalam darahnya, karena ia lahir dan besar di Jakarta. Lelaki yang akrab disapa Bang Pi’i ini dulunya merupakan preman dan pentolan Geng Kobra yang sangat ditakuti masyarakat di daerah Pasar Senen, sebelum akhirnya bertobat.


Simak selengkapnya di Infografis.