Share

5 Bandara Indonesia dengan Arsitektur Unik

Penulis: Bayu Airlangga, Ilustrasi: Jurnalis
Rabu 22 Juni 2022 19:56 WIB
BANDARA menjadi tempat lepas landas pesawat, sekaligus pintu gerbang suatu daerah atau negara. Bandara juga menjadi salah satu tempat yang seru untuk wisata, terutama saat kamu sedang transit.

Sebagai tujuan wisata berkelas di dunia, Indonesia memiliki banyak sekali bandar udara atau bandara yang tersebar di 34 provinsi. Beberapa di antaranya memiliki peran penting.
 
BACA JUGA: 6 Penyebab Koper Hilang di Bandara
 
Ada beberapa bandara Indonesia dengan arsitektur unik, sehingga menjadi daya tarik tersendiri saat kita berada di sana. Bahkan, banyak orang yang berfoto di depan bandara ini. Apa saja bandara yang mempunyai arsitektur unik di Indonesia?
1. Bandara Internasional Kualanamu, Deliserdang
Bandara Internasional Kualanamu merupakan bandara terbesar kedua di Indonesia. Diresmikan pada tahun 2013, Bandara Internasional Kualanamu merupakan bandara pertama di Indonesia yang menghadirkan layanan kereta api bandara dengan rute Stasiun Medan-Stasiun Bandara Kualanamu.
Berfungsi sebagai pengganti Bandara Polonia, bandara ini memiliki landas pacu sepanjang 3.750 meter dan terminal berdesain futuristik dengan luas sekitar 224 ribu meter persegi.
Untuk menunjang kebutuhan para pengunjung, beragam restoran, kafe, gerai belanja, dan hotel transit tersedia di bandara ini. Interior berdesain modern nan elegan bisa menjadi latar foto yang keren untuk diunggah ke Instagram.
 
 
2. Bandara Minangkabau, Padang
Bandara di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat, ini memiliki arsitektur khas rumah adat Minangkabau. Yakni rumah gadang.
Selain tu, bandara ini juga dirancang antigempa dan mengedepankan konsep bangunan ramah lingkungan.
3. Bandara Ahmad Yani, Semarang
 
Bandara Ahmad Yani terbilang unik karena dibangun di atas rawa bekas tambak warga. Dengan teknologi Prefebricated Vertikal Drainase (PVD), bangunan Bandara Ahmad Yani sangat kokoh meski dibangun di atas tanah rawa.
4. Bandara I Gusti Ngurah Rai, Denpasar
Bandara yang berjarak 13 km dari pusat kota ini menampilkan desain modern dan arsitektur tradisional Hindu Bali.
Bandara Ngurah Rai menjadi bandara tersibuk ketiga di Indonesia. Berbagai patung dan detail interior bergaya tradisional kian menegaskan nuansa Pulau Dewata.
Di sana juga terdapat beragam kafe, restoran, maupun toko, baik di terminal domestik maupun internasional.
5. Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar
Desain Bandara Sultan Hasanuddin sangat futuristiknamun sama sekali tidak menghilangkanunsur-unsur budaya lokal.
Kontur lengkung pada atap bandara menggambarkan ombak sebagai wujud semangat dari masyarakat Bugis-Makassar.
Begitu pula motif pada langit-langit terminal bandara yang merngadopsi motif kain sulam Mandar, Sulawesi Barat. Bandara Sultan Hasanuddin termasuk bandara yang menyuguhkan arsitektur structural expressionism untuk desain interior dan eksteriornya. Keren kan Okezoners!