Share

The Minions Tetap Peringkat 1 Dunia?

Penulis: Sopan Arman Inggara, Ilustrasi: Jurnalis
Kamis 23 Juni 2022 20:34 WIB
FEDERASI Bulu Tangkis Dunia (BWF) diketahui membekukan peringkat dunia selama kurang lebih satu tahun. Kini, menarik menilik ranking Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo jika tak ada pembekuan dari BWF. Akankan ganda putra Indonesia itu masih menempati posisi nomor 1 dunia?
 
Baca Juga: Hasil 16 Besar Indonesia Open 2022: Marcus/Kevin Gugur!

 
Seperti diketahui, Marcus/Kevin saat ini masih kukuh di peringkat satu dunia secara perhitungan poin BWF. The Minions -julukan Marcus/Kevin- berhasil mengoleksi 111.827 poin di sektor ganda putra. Padahal, ganda putra andalan Indonesia itu baru mengikuti tiga turnamen tahun ini.
 
Baca Juga:  Lolos ke Semifinal Indonesia Masters 2022, Marcus/Kevin Ditantang Pasangan China

 
Akan tetapi, koleksi poin yang dimiliki Marcus/Kevin ternyata berdasarkan perhitungan karena ada pembekuan ranking. Diketahui, BWF sempat membekukan ranking karena pandemi Covid-19 mulai pekan ke-12 2020, tepatnya pada 17 Maret (penghitungan poin dari pekan ke-12 2019).
 
Baca Juga: Final Indonesia Masters 2022, Fajar/Rian Balaskan Dendam Minions?

 
Meski demikian, BWF mengumumkan penghapusan pembekuan (pencairan) secara bertahap mulai 2 Agustus 2022. Untuk selanjutnya, BWF akan mengumumkan peringkat baru para pebulu tangkis pada 3 Januari 2023.
 
Namun, jika tidak ada peringkat, Marcus/Kevin ternyata tidak berada di peringkat satu dunia. Tercatat, berdasarkan penghitungan poin dalam 52 pekan, sejatinya Marcus/Kevin hanya bisa mengumpulkan 86.547 poin, tertinggal dari Hoki/Kobayashi yang memiliki total 97.050 poin.
 
Baca Juga: Lolos ke Semifinal Indonesia Masters 2022, Marcus/Kevin Ditantang Pasangan China

 
Artinya, The Minions seharusnya berada di peringkat kedua dunia. Sedangkan peringkat satu dunia, posisi ini diisi oleh Hoki/Kobayashi. Tentu saja, hal ini dianggap tidak mengejutkan, mengingat Marcus/Kevin hanya mengikuti tiga turnamen pada tahun ini.
 
Selengkapnya simak infografis okezone ya!
 
Lihat Juga: 13 Pemain Paling Sering Digunakan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia