Share

4 Syarat Sah Berkurban

Penulis: Bayu Airlangga, Ilustrasi: Jurnalis
Jum'at 01 Juli 2022 20:42 WIB
SYARAT sah berkurban harus dipenuhi kaum Muslimin yang berniat menyembelih hewan kurban pada hari raya Idul Adha tahun ini. Diketahui bahwa berkurban sangat dianjurkan bagi mereka yang sudah memenuhi syarat sahnya.
 
Baca juga: Idul Adha 1443 H Jatuh pada 10 Juli 2022
 
Keutamaan berkurban pun sangat besar. Ada ketakwaan serta balasan pahala melimpah dari Allah Subhanahu wa ta'ala. Sebagaimana firman Allah Ta'ala berikut ini:
فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ
"Dirikanlah sholat dan berkurbanlah (an-nahr)." (QS Al Kautsar: 2)
 
 
Baca juga: Tata Cara Sholat Idul Adha 


Allah Subhanahu wa ta'ala juga berfirman:
لَنْ يَنَالَ اللَّهَ لُحُومُهَا وَلَا دِمَاؤُهَا وَلَكِنْ يَنَالُهُ التَّقْوَى مِنْكُمْ
"Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya." (QS Al Hajj: 37)
Nah, setidaknya ada empat syarat sahnya berkurban. Apa saja? Berikut ini penjelasan Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal M.Sc, seperti dikutip dari Rumaysho.
 
 
1. Muslim
 
 
Menyembelih hewan kurban diperuntukkan bagi kaum Muslimin. Orang kafir tidak diwajibkan atau disunahkan berkurban karena kurban adalah bentuk qurbah atau mendekatkan diri pada Allah Subhanahu wa ta'ala. Sedangkan orang kafir bukanlah ahlul qurbah.
2. Orang yang bermukim
 
Musafir atau orang yang bepergian atau berpindah-pindah tidaklah wajib berkurban. Ini bagi yang menyatakan bahwa berkurban itu wajib.
Namun bagi orang-orang yang tidak mengatakan wajib, maka tidak berlaku syarat ini. Karena kalau dinyatakan wajib, maka itu menjadi beban. Jika dikatakan sunah, tidaklah demikian.
3. Kaya atau berkecukupan
 
Ulama Syafiiyah menyatakan bahwa berkurban itu disunahkan bagi mereka yang mampu, yaitu yang memiliki harta untuk menyembelih hewan kurban, lebih dari kebutuhannya di hari Idul Adha, malamnya, dan selama tiga hari tasyriq juga malam-malamnya.
4. Telah baligh atau dewasa dan berakal
 
Syarat sahnya berkurban selanjutnya adalah sudah baligh atau dewasa. Kemudian juga berakal atau tidak mengalami gangguan jiwa. Jadi, anak kecil belum diwajibkan berkurban.
Demikian penjelasan mengenai syarat sah berkurban. Semoga sangat jelas dan memberikan banyak manfaat. Aamiin Allahumma aamiin.