Share

Prabowo Tekankan 5 Syarat Ketahanan Negara

Penulis: Johan Jaelani, Ilustrasi: Jurnalis
Minggu 03 Juli 2022 21:01 WIB
JAKARTA - Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI), Prabowo Subianto mengatakan bahwa negara membutuhkan 5 syarat untuk dapat memiliki ketahanan, khususnya dari sisi pertahanan dan ekonomi.


"Kekayaan Indonesia yang sangat besar harus mampu kita kelola, kita harus memastikan kecukupan food (pangan), energy (energi), and water (air) untuk menghadapi ledakan penduduk," kata Prabowo saat menjadi narasumber dalam Rembug Nasional dan Rapat Pengurus Pusat Pleno Ke-1 Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) di Nusa Dua, Bali, Sabtu (2/7/2022).

 Baca Juga: Sumber Kekayaan Harta Prabowo Subianto

Dilansir dari keterangan di akun Instagram Kementerian Pertahanan (Kemenhan), Minggu (3/7/2022), Prabowo menambahkan bahwa saat ini sedang terjadi revolusi dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh karenanya, menurutnya, peningkatan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi bagi suatu negara adalah sesuatu yang penting.

Dalam kesempatan tersebut, Prabowo juga menyatakan bahwa Indonesia telah memiliki Universitas Pertahanan yang membuka fakultas baru di bidang sains, teknologi, teknik, dan matematika (science, technology, engineering, and mathematics/STEM) seperti Fakultas Kedokteran Militer, Fakultas Farmasi Militer, dan Fakultas MIPA Militer.
 
 Baca Juga: 9 Pasukan Elit yang Dimiliki TNI
 
Selanjutnya, dia menekankan bahwa Indonesia juga sudah perlu memulai industrialisasi agar tidak bergantung pada negara lain dalam memenuhi berbagai kebutuhannya. "Kita harus memulai industrialisasi sehingga tidak bergantung dengan negara lain," ucap Prabowo.
 
Simak selengkapnya di Infografis!