Share

7 Jenis dan Gejala Asma Kulit

Penulis: Sopan Arman Inggara, Ilustrasi: Jurnalis
Kamis 04 Agustus 2022 16:32 WIB
MELALUI akun TikTok miliknya, Atta Halilintar mengungkapkan bahwa sang putri, Baby Ameena yang baru berusia sekitar 6 bulan mengidap asma kulit.
 
Baca Juga: Waspada, Ruam Kulit Bisa Jadi Tanda Kena Covid-19
 
Asma kulit seperti yang diidap Ameena adalah bagian dari eczema atau eksim. Secara medis, eksim memang banyak jenisnya, terbagi dalam tujuh tipe. Apa saja tujuh tipe eksim tersebut, dan bagaimana gejala dari masing-masing tipe? Melansir Healthline, Rabu (3/8/2022) berikut ulasan singkatnya di bawah ini.
 
1. Dermatitis atopik: Bentuk eksim yang paling umum yang biasanya dimulai pada masa kanak-kanak, dan seringnya memang jadilebih ringan atau hilang saat dewasa.
 
2. Dermatitis kontak: Terjadi apabila mengalami kulit merah, iritasi kulit, dan bersisik tebal yang disebabkan oleh reaksi terhadap suatu zat .
 
Baca Juga: 10 Gejala Cacar Monyet yang Sekarang Menyebar di Amerika dan Eropa
 
3. Eksim dyshidrosis: Tipe ini menyebabkan lepuh kecil terbentuk di bagian tangan dan kaki. Eksim ini lebih sering terjadi pada wanita daripada pria loh!
 
4. Eksim tangan: Eksim yang hanya menyerang tangan, biasanya karena melakukan aktivitas di mana secara teratur menggunakan bahan kimia yang mengiritasi kulit bagian tangan.
 
Baca Juga: 3 Sumber Kekayaan Sahrul Gunawan
 
5. Neurodermatitis: Mirip dengan dermatitis atopik, tipe ini menyebabkan bercak tebal dan bersisik muncul di kulit.
 
6. Eksim numularis: Jenis eksim ini menyebabkan munculnya bintik-bintik bulat berbentuk koin pada kulit.
 
7. Dermatitis Statis: Ketika cairan keluar dari pembuluh darah vena yang melemah ke dalam kulit. Cairan inilah yang menyebabkan bengkak, kemerahan pada warna kulit yang lebih terang, warna coklat, ungu, abu-abu atau pucat pada warna kulit yang lebih gelap, gatal, dan nyeri.
 
Selengkapnya simak infografis okezone ya!
 
Lihat Juga: 5 Duda Terkaya di Dunia