Share

Kenali Gejala Gagal Ginjal Kronis

Penulis: Sopan Arman Inggara, Ilustrasi: Jurnalis
Kamis 04 Agustus 2022 22:29 WIB
VIRAL video seorang gadis muda menunjukkan aktivitasnya sehari-hari. Rupanya si gadis muda berinisial DN perlu melakukan cuci darah setiap hari akibat menderita gagal ginjal kronis.
 
Baca Juga: Cara Menjaga Ginjal agar Tetap Sehat, Coba Yuk!
 
Padahal DN masih sangat muda, baru berusia 26 tahun. Saat itu, pemeriksaan medis menunjukkan fungsi ginjalnya tinggal 5 persen.
 
Sebelum diketahui menderita gagal ginjal, DN mengalami berbagai gejala antara lain kesemutan, mual, juga muntah. Urinnya juga berbusa.
 
"Buat teman-teman yang belum tahu aku kenapa, aku ngapain, aku pasien gagal ginjal kronis. Aku butuh bantuan untuk ngeluarin cairan yang sudah tidak dibutuhkan oleh tubuhku," ujar DN.
 
Baca Juga: Sayuran yang Dapat Menjaga Kesehatan Ginjal
 
Perlu diketahui, gagal ginjal merupakan kondisi ketika ginjal sudah kehilangan kemampuan untuk menyaring zat sisa dari darah dengan baik.
 
Kalau ginjal sudah tak mampu menyaring, maka terjadi penumpukan limbah dan zat kimia pada darah menjadi tidak seimbang.
 
Ginjal berfungsi menyaring darah dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Lalu ginjal mengirimkan sisa limbah ke kandung kemih dan mengeluarkannya melalui urine.
 
Penyakit gagal ginjal yang tidak ditangani segera dapat menyebabkan komplikasi yang membahayakan tubuh. Pasalnya, penumpukan cairan berlebih, terutama di paru-paru dan perubahan zat kimia dalam darah berpengaruh pada fungsi jantung dan otak.
 
Selengkapnya simak infografis okezone ya!
 
Lihat Juga: 6 Kebiasaan Buruk Penyebab Penyakit Ginjal