Share

5 Gejala Paling Banyak Dialami Pasien Cacar Monyet

Penulis: Bayu Airlangga, Ilustrasi: Jurnalis
Sabtu 06 Agustus 2022 12:04 WIB
KASUS cacar monyet terus berkembang. Hal tersebut menimbulkan rasa khawatir di tengah masyarakat, di mana ada beberapa gejala yang harus diwaspadai.
BACA JUGA:Efek Samping Vaksin Cacar Monyet
Menurut dr Hanny Nilasari, SpKK, Ketua Satgas Monkeypox PB Ikatan Dokter Indonesia (IDI), terdapat lima gejala cacar monyet paling banyak dialami pasien. Salah satunya, mengalami sakit kepala dan berikut rinciannya.
BACA JUGA: 8 Cara Terhindar dari Cacar Monyet
1. Demam
2. Sakit Kepala
3. Sakit tenggorokan
4. Pembesaran getah bening
5. Kelainan kulit (infeksi kulit, berupa adanya lesi atau luka)
"Gejala yang paling banyak dikeluhkan pasien cacar monyet adalah demam, kemudian sakit kepala, ada rasa tidak enak disaluran tenggorokan, ada pembesaran kelenjar getah bening serta ada kelainan di kulit," ujar dr Hanny.
 BACA JUGA:AS Nyatakan Cacar Monyet Darurat Kesehatan Masyarakat, Indonesia Berpotensi Menyusul?
Sejauh ini cacar monyet disampaikan belum ditemukan di Indonesia. Namun pemahaman masyarakat perlu, terkait gejala berat atau ringan dari cacar monyet.
Jika seseorang mengalami demam dan disertai lesi di seluruh tubuh bisa dikatakan, sebagai gejala berat dari cacar monyet. Kemudian gejala ringan, sebaliknya hanya ada beberapa lesi atau luka dibeberapa titik seperti lengan, telapak tangan dan kaki saja.
"Jadi Kemenkes memang memperlihatkan gambaran yang jelas tentang bagaimana kita bisa melihat atau mengidentifikasi suatu kasus terduga cacar monyet. Diilustrasikan bahwa kelainannya di seluruh tubuh itu kondisinya berat," jelasnya.
"Kalau kondisi ringan, hanya di area lokal saja atau beberapa lokasi bagian tubuh, seperti telapak tangan dan telapak kaki. Seorang dokter akan melihat apakah ini mirip dengan kelainan yang lain, atau dugaan cacar monyet," imbuh dr Hanny