Share

3 Tempat Unik di Indonesia untuk Melatih Bahasa Asing

Penulis: Bayu Airlangga, Ilustrasi: Jurnalis
Sabtu 06 Agustus 2022 13:50 WIB
Kemampuan berbahasa asing dapat menjadi salah satu keahlian yang dibutuhkan banyak orang. Menurut data Ethnologue: Languages of the World, sebuah lembaga penelitian linguistik, terdapat 7.151 bahasa yang digunakan saat ini.
Dari ribuan bahasa, bahasa Inggris menempati peringkat pertama sebagai bahasa yang paling banyak digunakan di dunia.
 
Lalu, disusul dengan Mandarin dan Hindi di peringkat dua dan tiga. Jika seseorang memiliki kemampuan berbahasa asing yang baik, tentunya mereka dapat dengan mudah berinteraksi dengan berbagai macam orang dari seluruh dunia tanpa terkendala bahasa.
Dalam mempelajari bahasa baru, biasanya seseorang memerlukan waktu yang berbeda lamanya, tergantung tingkat kesulitan bahasa yang dipelajari.
 
Untuk mengatasi hal ini, banyak orang yang memilih untuk mengambil kursus. Terlebih lagi, kursus bahasa kini bukan lagi menjadi hal yang sulit mengingat tempat kursus sudah tersebar di berbagai wilayah.
Namun, ada beberapa tempat unik yang dikhususkan bagi mereka yang sedang berlatih bahasa asing.
1. Kampung Inggris Pare
Jika mendengar “Kampung Inggris” pasti yang terlintas dalam benak adalah sebuah perkampungan wisata edukasi yang berada di Pare, Kediri.
Padahal, ada banyak Kampung Inggris yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia, seperti Kampung Inggris Bandung, Kampung Inggris Magelang, Kampung Inggris Sumatera Barat, dan masih banyak lagi.
Kampung Inggris Pare boleh dikatakan sebagai pionirnya. Namun, hingga saat ini masih banyak orang yang salah kaprah mengenai Kampung Inggris.
Nama “Kampung Inggris” sebenarnya hanyalah sebutan dan bukanlah nama sebuah lembaga.
Nama ini diambil karena banyaknya tempat kursus bahasa inggris yang ada di kampung tersebut.
Oleh sebab itu, perkampungan itu disebut Kampung Inggris.
2. Desa Bahasa Borobudur
Satu lagi tempat unik yang cocok untuk belajar bahasa Inggris adalah Desa Bahasa Borobudur. Jika mengunjungi Candi Borobudur, cobalah meluangkan waktu 10 menit untuk menuju desa ini.
Uniknya, Desa Bahasa Borobudur mempunyai metode praktjk yang berbeda dibandingkan tempat kursus lainnya.
Mereka mewajibkan semua peserta kursus untuk terjun langsung ke lapangan dan berbicara dengan para turis di Candi Borobudur.
Hal ini dilakukan guna melatih kemampuan bahasa para peserta.
3. Kampung Arab
Selain bahasa Inggris, Indonesia juga mempunyai tempat unik untuk belajar bahasa Arab.
Namanya, Kampung Arab Letaknya tidak terlalu jauh dari Kampung Inggris di Pare. Didukung dengan suasana Islam yang kental, Kampung Arab Pare memiliki berbagai lembaga kursus bahasa Arab dengan metode ajar yang berbeda-beda.