Share

5 Rekomendasi Jajanan Jadul untuk Rayakan HUT Ke-77 RI

Penulis: Bayu Airlangga, Ilustrasi: Jurnalis
Jum'at 12 Agustus 2022 20:24 WIB
MERAYAKAN HUT Ke-77 RI biasanya diisi dengan banyak perlombaan, seperti panjat pinang, lomba makan kerupuk, balap karung, hingga tarik tambang. Tapi, kemeriahan Hari Kemerdekaan kurang lengkap rasanya tanpa adanya hidangan enak. 
 
Baca Juga: Tradisi Unik Rayakan HUT RI
 
Biasanya di HUT RI tersaji nasi tumpeng sebagai rasa syukur, Selain itu, bisa juga lho menyajikan kuliner tradisional atau jajanan jadul untuk sekaligus nostalgia. 
Berikut rekomendasi jajanan jadul yang cocok disajikan saat Hari Kemerdekaan, Jumat (12/8/2022).
1. Es selendang mayang
Es selendang mayang merupakan salah satu jajanan jadul yang ngangenin. Tekstur dari kue kenyal warna-warni yang disajikan dengan siraman gula merah dan santan. Makanan tradisional khas Betawi ini patut dicoba saat siang hari karena rasa segar dan manisnya.
 
Baca Juga: Sejarah Kelam di Balik Panjat Pinang
 
 
2. Getuk lindri
Makanan ringan yang terbuat dari singkong ini menjadi idola karena rasanya manis, teksturnya lembut, dan harganya yang murah. Jajanan ini biasa dijual menggunakan gerobak dorong yang khas berwarna warni.
 
3. Es gabus
Jajanan yang terbuat dari hunkue yang diberi pewarna ini mengingatkan kita akan masa kecil. Disebut es gabus karena teksturnya mengingatkan kita dengan gabus. Dalam sepotong es gabus terdiri dari beberapa warna seperti merah, kuning, dan hijau.
4. Kue rangi 
Makanan selanjutnya adalah kue rangi, jajanan ini terbuat dari tepung sagu yang dicampur kelapa parut dengan tambahan olesan gula merah kental yang nikmat. yang khas dari kue rangi adalah cara masaknya yang menggunakan tungku dan cetakan seperti kue pancong.
 
5. Es goyang
Jajanan yang mudah dijumpai ini merupakan jajanan jadul paling bikin kangen karena rasa topping coklatnya yang unik. Ternyata rahasia dari rasa unik toppingnya adalah menggunakan campuran minyak pada coklatnya.