Share

5 Kuliner Tempo Dulu yang Masih Hits di Jakarta

Penulis: Bayu Airlangga, Ilustrasi: Jurnalis
Sabtu 17 September 2022 14:33 WIB
KULINER indonesia sudah tidak diragukan lagi baik dari rasa, keunikan dan aroma rempah-rempah yang khas nusantara. Jika Anda berlibur ke suatu daerah kurang lengkap rasanya jika kita tidak mencicipi kuliner khas daerah tersebut.
Jakarta sebagai Kota Metropolitan juga memiliki kuliner yang sudah tidak diragukan lagi rasanya. Ada juga sederet kuliner legendaris yang bisa Anda cicipi di Ibu Kota.
 
Berikut 5 kuliner tempo dulu di Jakarta yang masih hits sampai sekarang :
Asinan H. Mansyur Kamboja
Asinan Betawi merupakan kuliner yang sangat diminati oleh masyarakat Jakarta. Asinan memiliki berbagai macam jenis, ada asinan sayur dan asinan buah. Asinan sayur terbuat dari berbagai sayur-sayuran yang direndam dengan larutan air dan garam. Tak hanya sayuran, asinan sayur juga terdapat mie kuning serta tahu lalu asinan tersebut disiram bumbu kacang khas betawi.
Asinan H. Mansyur salah satu asinan yang melegenda yang ada di Jakarta. Asinan H.Mansyur berdiri sejak tahun 1970-an. Terletak di jalan Taman Kamboja, Rawamangun Jakarta Timur. Hal ini membuat masyarakat mengenal asinan tersebut dengan ‘Asinan Kamboja’.
Berdiri sejak puluhan tahun tidak membuat tempat tersebut sepi pengunjung. Rasa dan kualitas yang selalu terjaga membuat tempat ini ramai pengunjung bahkan kita harus rela mengantri untuk mencicipi hidangan yang satu ini.
 
Kerak Telor Khas Betawi Mampang
Siapa yang tidak mengenal akan makanan khas betawi yang satu ini. kerak telor sudah menjadi sebuah ikon kuliner kota Jakarta. kerak telor ini dibuat dengan bahan dasar beras ketan putih, telor ayam atau bebek, dan ebi sangrai. Tak luput kerak telor ini disajikan dengan taburan kelapa sangrai (Serundeng) di atasnya.
 
Kerak telor memang sangat mudah untuk kita temui, bahkan di tempat wisata Jakarta atau alun-alun kota Jakarta. Sesuatu yang membedakan Kerak telor khas betawi mampang ini adalah rasa yang otentik dan sudah melegenda karena, berdiri sejak tahun 1960-an.
Gado-Gado Cemara
Gado-gado adalah makanan khas betawi. Buat kalian yang berkunjung ke kota Jakarta boleh kamu coba makanan daerah yang satu ini. Gado-gado cemara terkenal akan salah satu makanan yang legendaris.
Berdiri sejak tahun 1947, tidak perlu diragukan lagi rasanya. Gado-gado cemara ini memiliki rasa yang begitu lezat membuat lidah kita seperti dimanjakan. Tidak hanya rasa yang lezat gado-gado cemara ini terkenal akan porsi yang cukup besar.
Nama dari gado-gado Cemara berawal dari lokasi awal mula berdirinya yaitu di Jalan Cemara. Kini gado-gado Cemara berlokasi di Kawasan Tanah Abang Jakarta Pusat.
Soto Betawi Haji Ma'ruf
Kurang rasanya jika Anda berlibur ke Jakarta tanpa mencoba kuliner yang satu ini. Soto Betawi Haji Ma'ruf sudah ada sejak tahun 1943 atau sebelum Indonesia merdeka. Dirintis dari gerobak, warung soto legendaris ini sekarang sudah punya lima cabang.
Pertama di RP Soeroso Nomor 36A, Cikini, Jakarta Pusat. Kemudian di Jalan Pramuka Raya Nomor 64D, Jalan Tebet Raya No 23, dan di Plaza Atrium & Festival (Foodcolony).
Soto Betawi Haji Ma'ruf diklaim sebagai soto pertama yang menggunakan kuah campuran santan dan susu.
Laksa Betawi Asirot
Jika kamu menyukai makanan dengan kaldu santan dan khas akan rasa rempah-rempah, kamu wajib mencicipi Laksa Betawi Asirot. Makanan legendaris yang satu ini telah berdiri sejak tahun 1970 an. Laksa betawi ini sangat populer di masyarakat Jakarta khususnya wilayah kebayoran lama, Jakarta Selatan.
Rasa yang sangat menggugah selera dan porsi yang pas untuk hidangan makan siang. Tak usah khawatir akan harga yang mahal. Kita cukup mengeluarkan uang dua puluh ribu sudah dapat menikmati laksa betawi legendaris yang satu ini.