Share

5 Manfaat Sarapan dengan Buah Anggur

Penulis: Bayu Airlangga, Ilustrasi: Jurnalis
Selasa 11 Oktober 2022 15:04 WIB
RASANYA yang manis, asem, segar membuat buah angggur begitu favotit di kalangan orang dewasa ataupun anak-anak. Buah ini juga cocok dijadikan menu sarapan yang kaya manfaat.
 
Baca juga:5 Manfaat Sarapan Apel untuk Kesehatan
 
Berbagai jenis anggur yang beredar di pasaran. Ada yang berwarna hijau, ungu, dan juga hitam. Rasanya bervariasi, ada yang manis, asem, hingga kecut. Bahkan ada yang memiliki rasa sangat manis seperti permen kapas.
 
Dikutip dari health.com, Senin (10/10/2022), ada beberapa manfaat yang diberikan anggur untuk kesehatan tubuh. Berikut Okezone merangkumnya untuk Anda.
 
Baca juga:6 Buah Termahal di Dunia
 
1. Biar tak mudah sakit
 
Anggur dapat membentuk kekebalan tubuh lewat sifat antimikroba alami yang ia miliki. Satu cangkir anggur dapat memasok air yang membuat tubuh tetap terhidrasi. Jika tubuh terhidrasi, meningkatkan aliran darah yang sehat dan menghilangkan zat beracun. Dengan demikian sistem kekebalan tubuh menjadi meningkat.
 
2. Bisa bikin tidur nyenyak
 
Zat melatonin membantu meningkatkan kualitas tidur. Jika kurang tidur dapat meningkatkan risiko diabetes, sakit jantung, depresi, dan obesitas.
 
3. Mata menjadi sehat
 
Anggur memiliki kandungan ltein dan zeaxanthin yang berfungsi melindungi mata. Pigmen tersebut membantu meningkatkan jangkauan visual, mengurangi ketidaknyamanan dari silau dan cahaya terang dan meningkatkan kontras visual.
 
4. Menjaga pencernaan
 
Meski tidak terlalu memiliki serat yang tinggi, namun serat yang terkandung dalam anggur dalam mendukung keteraturan usus. Adanya polifenol membuat usus semakin sehat.
 
5. Hindari penyakit jantung
 
Anggur bagus untuk mereka yang memiliki penyakit jantung. Senyawa resveratrol yang terdapat dalam anggur mampu menangkis pengerasan arteri, tekanan darah, mencegah stroke, serangan jantung, dan mengurangi peradangan.