Share

5 Destinasi Wisata di Surabaya Sarat Kenangan Perjuangan

Penulis: Bayu Airlangga, Ilustrasi: Jurnalis
Kamis 10 November 2022 12:35 WIB
Destinasi wisata di Surabaya untuk mengenang Hari Pahlawan yang diperingati setiap 10 November sangat beragam. Berbicara soal Hari Pahlawan, tentunya tak lepas dari kota Surabaya, Jawa Timur.
 
Baca Juga: Fakta-Fakta Hari Pahlawan Nasional
 
Dikenal sebagai Kota Pahlawan, Surabaya memiliki banyak destinasi wisata bersejarah. Destinasi ini menjadi saksi bisu para pahlawan melawan para penjajah untuk kemerdekaan Indonesia.
 
Dengan mengunjungi destinasi wisata tersebut, Anda bisa mengenang kembali jasa para pahlawan dan menambah pengetahuan. Berikut daftar destinasi wisata di Surabaya untuk mengenang Hari Pahlawan seperti dirangkum dari Pegipegi, Kamis (10/11/2022)
 
Baca Juga: 3 Peristiwa Bersejarah pada 10 November
 
1. Jembatan Merah
 
Jembatan Merah merupakan saksi bisu pertempuran masyarakat Surabaya dengan pasukan Brigjen Mallaby. Jembatan ini juga pernah digunakan sebagai jalur transportasi VOC dan tempat transaksi jual beli pada masanya. Warna merah pada pagar jembatan ini diberikan untuk mengenang pertumpahan darah dari pertempuran tersebut.
 
2. Monumen Kapal Selam
 
Monumen Kapal Selam dibangun untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah lebih dahulu gugur. Monumen kapal terbesar di Asia ini berisi kapal selam, pesawat tempur, tank dan lainnya. Hadirnya momumen ini tak hanya sekadar destinasi wisata, tapi juga gambaran Indonesia sebagai negara maritim.
 
3. Gedung Negara Grahadi
 
Dibangun pada 1975, Gedung Negara Grahadi difungsikan sebagai rumah dinas Gubernur Jawa Timur. Sebelumnya, gedung ini menghadap ke Kalimas di sebelah utara, sehingga pada sore hari penghuninya dapat melihat perahu yang menelusuri kali tersebut sambil minum teh. Pada 1802, gedung ini diubah letaknya menghadap ke selatan seperti sekarang.
 
4. Tugu Pahlawan
 
Tugu Pahlawan dibangun untuk memperingati Hari Pahlawan, khususnya para prajurit Surabaya yang gugur selama pertempuran. Berada di Jalan Tembaan, Tugu Pahlawan dibangun dengan bentuk paku terbalik dan memiliki tinggi 40,45 meter.
 
5. Gedung Bank Mandiri
 
Dibangun pada 1911, gedung Bank Mandiri sempat digunakan para tentara Jepang untuk menyimpan pasokan senjata mereka. Pemuda Surabaya kemudian berhasil merampas seluruh senjata tersebut melalui pertempuran pada 1 Oktober 1945. Gedung bersejarah ini milik perusahaan dagang Belanda, Lindeteves Stokvis.