Share

5 Julukan Kota Bogor, Jawa Barat

Penulis: Sopan Arman Inggara , Ilustrasi: Jurnalis
Kamis 17 November 2022 20:12 WIB
BOGOR di Jawa Barat sering dijuluki sebagai Kota Hujan. Ternyata ini bukan satu-satunya julukan dimiliki Bogor. Ada lima julukan yang sering ditabalkan pada Kota Bogor. Apa saja?
 
Baca Juga: Bisakah Manusia Menggali hingga Menembus Bumi?
 
Bogor merupakan destinasi wisata favorit masyarakat Jabodetabek. Selain memiliki bentangan alam yang indah, Bogor juga kaya akan nilai sejarah, dan kuliner yang menggoyang lidah. Tak heran jika banyak orang yang betah berlama-lama di Bogor.
 
Terlepas dari itu, Bogor rupanya memiliki sejumlah julukan. Berikut 5 julukan untuk Kota Bogor.
 
Baca Juga: Pesepakbola Kakak-Beradik di Piala Dunia 2022
 
1. Kota Hujan
Bogor memang sudah sangat populer dijuluki sebagai kota hujan. Kota ini mendapatkan julukan sebagai kota hujan karena curah hujannya yang memang lebih tinggi daripada wilayah Indonesia lainnya.
 
2. Kota Seribu Angkot
Dilansir dari laman Hima PWK ITS, Bogor juga menyandang julukan kota seribu angkot. Alasan di balik pemberian julukan ini adalah karena banyaknya angkot (angkutan antar kota) yang berlalu lalang di jalanan Bogor. Tak jarang angkot-angkot ini membuat jalanan macet.
 
3. Kota Jajanan
Cukup banyak orang yang setuju jika Bogor kaya akan jajanan yang menggugah selera dan sangat variatif. Tak lengkap rasanya jika ke Bogor namun tidak mencicipi makanan khasnya, seperti cungkring, asinan bogor, bir kocok, dan lain-lain.
 
Baca Juga: 5 Masjid Kuno Bersejarah di Sumatera Barat
 
4. Kota Petir
Siapa sangka jika Kota yang indah ini juga dijuluki sebagai kota petir. Julukan tersebut melekat pada Bogor karena dalam satu hari sambaran petirnya bisa mencapai 322 kali. Dimana normalnya sambaran petir hanya 80 kali sehari. Rekor tersebut bahkan tercatat di dalam Guinness Book of World Record.
 
5. Kota Buitenzorg
Pada zaman dahulu ketika Indonesia masih di bawah penjajahan Belanda, Bogor disebut sebagai Kota Buitenzorg. Buitenzorg sendiri memiliki arti “tempat yang nyaman dan tentram”.
 
Selengkapnya simak infografis okezone ya!
 
Lihat Juga: Jadwal Lengkap Fase Grup Piala Dunia 2022 di Qatar