Share

5 Tradisi Unik Suku Bugis yang Hampir Punah

Penulis: Sopan Arman Inggara, Ilustrasi: Jurnalis
Senin 21 November 2022 15:58 WIB
MENGULAS 5 tradisi unik suku Bugis. Bugis adalah suku terbesar yang tinggal di Sulawesi Selatan. Orang Bugis punya tradisi merantau sehingga mereka tersebar di berbagai daerah di Indonesia bahkan mancanegara.
 
Baca Juga: 7 Suku di Indonesia yang Menolak Modernisasi
 
Masyarakat Bugis di Sulawesi terus menjaga adat istiadat, tradisi, dan budayanya. Ada beberapa tradisi unik suku Bugis. Tradisi ini bahkan hampir punah:
 
Tradisi Pindah Rumah
Jika biasanya orang yang akan pindah rumah disibukkan dengan mengemasi barang untuk dipindahkan dari rumah baru ke rumah lama, maka kegiatan tersebut tidak berlaku pada masyarakat suku Bugis.
 
Baca Juga: 5 Fakta Haedar Nashir Kembali Pimpin PP Muhammadiyah
 
Sigajang Leleng Lipa
Sigajang laleng lipa adalah tradisi tarung dalam sarung. Tradisi ini hanya dijalani kaum laki-laki. Jika masalah pribadi tidak ada jalan keluar, maka penyelesaiannya dilakukan secara jantan; berkelahi hidup mati satu lawan satu dalam sarung.
 
Tarian Maggiri atau Mabbisu
Tari maggiri merupakan tarian yang dipertunjukkan oleh seorang atau beberapa orang bissu. Bissu adalah seorang wanita pria (waria) dalam kepercayaan Bugis yang dipercayakan menjadi penghubung antara dewa di langit dengan manusia biasa.
 
Baca Juga: 5 Sniper Wanita Paling Mematikan di Dunia
 
Massallo Kawali
Massallo Kawali memiliki arti bermain asing-asing atau gobak sodor menggunakan kawali atau badik. Atraksi ini berasal dari kabupaten Bone. Badik yang digunakan oleh para pemain adalah badik asli bukan imitasi.
 
Angngaru
Menurut sejarah, Angngaru merupakan ikrar kesetiaan rakyat atau prajurit kepada raja. Raja yang bersifat mengayomi dan disenangi rakyatnya. Saat tanda perang dikibarkan oleh sang Raja, maka rakyat serta merta menyodorkan diri dan rela mengobarkan jiwa raganya untuk tunaikan titah sang Raja.
 
Selengkapnya simak infografis okezone ya!
 
Lihat Juga: 5 Penyebab Timnas Indonesia U-20 Kalah 6-0 dari Timnas Prancis U-20