Share

7 Jenis Burung Tidak Bisa Terbang

Penulis: Bayu Airlangga, Ilustrasi: Jurnalis
Selasa 22 November 2022 17:36 WIB
7 jenis burung tidak bisa terbang padahal punya sayap memang menarik untuk dibahas. Memang mayoritas hewan yang masuk dalam golongan aves dapat terbang. Namun, ada pula yang tidak bisa terbang yang disebut flightless bird.
 
Baca Juga:8 Burung Paling Pintar di Dunia
 
Uniknya, meski tak dapat terbang, burung-burung yang tergolong flightless bird memiliki kemampuan luar biasa. Mulai dari belari hingga mampu berenang dengan cepat.
 
Lantas, jenis burung apa saja yang tidak bisa terbang meski punya sayap? Untuk mengetahuinya, simak rangkuman okezone berikut ini.
 
1. Penguin
 
Penguin tidak memiliki kemampuan terbang, dan mereka juga tidak bisa menari. Keahlian penguin adalah berenang.
 
Mereka mampu bertahan di bawah air selama hampir 30 menit, dan kecepatan berenang mereka sangat cepat.
 
Mayoritas hidup di daerah dingin, hewan golongan aves satu ini dikenal memiliki bentuk tubuh yang lucu dilengkapi dengan kakinya yang pendek.
 
Baca Juga:5 Fakta Hooded Pitohui
 
2. Weka
 
Jika Anda bertanya-tanya berapa banyak burung yang tidak bisa terbang, maka jawabannya adalah ribuan. Dan beberapa dari mereka adalah weka.
 
Burung-burung ini pada dasarnya adalah pemulung, dan mereka tidak pernah takut mendekati manusia untuk meminta makanan. Weka memiliki penampilan yang aneh dengan mata merah
 
3. Kiwi
 
Alasan utama mengapa kiwi tidak bisa terbang adalah karena sayapnya yang berukuran satu inci. Mereka tinggal di pulau-pulau, dan karena bagian ini tidak memiliki pemangsa di masa lalu, nenek moyang mereka memutuskan bahwa sayap mereka tidak berguna.
 
4. Kakapo
 
Kakapo juga dikenal sebagai burung beo burung hantu. Burung-burung ini tidak bisa terbang, dan jumlahnya kurang dari 200 yang tersisa di dunia. Menariknya, burung ini memiliki bau musky namun manis.
 
5. Ayam
 
Ayam peliharaan berhasil masuk ke dalam daftar burung yang tidak bisa terbang karena meskipun mereka dapat terbang dalam jarak yang sangat pendek, mereka tidak dapat melakukannya untuk waktu yang lebih lama.
 
6. Takahe
 
Jenis burung yang identik dengan memiliki bulu berwarna biru yang mencolok dengan paruh berwarna merah ini termasuk burung yang tak bisa terbang. Meski begitu, termasuk golongan aves yang memiliki daya hidup tinggi hingga 20 tahun. Burung yang ulung bermain petak umpet ini sangat pintar bersembunyi.
 
7. Burung Unta
 
Burung terbesar di dunia ini termasuk burung yang tidak dapat terbang. Burung yang dapat tumbuh mencapai tinggi 9 kaki dengan berat 136 kilogram ini juga dikenal memiliki telur terbesar dari semua hewan di darat.
 
Meskipun tidak bisa terbang, burung ini memiliki sepasang kaki besar yang kuat sehingga dapat berlari sangat cepat. Lantaran kemampuan larinya in, membuatnya sering digunakan sebagai hewan perlombaan di beberapa negara.