Share

6 Sayuran yang Efektif Atasi Bau Badan

Penulis: Bayu Airlangga, Ilustrasi: Jurnalis
Kamis 24 November 2022 17:02 WIB
Bau badan merupakan salah satu masalah yang hampir pernah dialami oleh sejumlah orang. Selain membuat tak nyaman, bau badan juga kerap menimbulkan ketidakpercayaan diri pada seseorang. Bagi yang mengalami bau badan, tentu telah melakukan berbagai cara dan upaya untuk mengatasinya.
 
Baca Juga:3 Makanan Dapat Atasi Bau Badan Tidak Sedap
 
Mulai dari menggunakan deodorant, sabun mandi antibakteri, hingga parfum. Namun, dari sekian banyak cara tersebut, terdapat salah satu cara yang cukup efektif untuk mengatasi bau badan. Yakni dengan mengonsumsi sayur-sayuran.
 
Ya, sayur-sayuran hijau termasuk ke dalam makanan yang dapat mengatasi bau badan, khususnya area tubuh bagian bawah. Hal ini disebabkan oleh kandungan klorofil di dalamnya.
 
Baca Juga:Tips Menghilangkan Bau Badan Tidak Sedap
 
Lantas, apa saja sayur-sayuran yang efektif untuk mengatasi bau badan? Berikut daftarnya, dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (23/11/2022).
 
1. Bayam Hijau
 
Siapa sangka, di balik faedahnya untuk kesehatan, bayam juga memiliki manfaat untuk menghilangkan bau badan. Pasalnya, kandungan klorofil dan betakaroten tinggi pada bayam dipercaya mampu menetralkan bau badan.
 
Sebagai sayuran berwarna hijau, bayam juga mengandung karoten. Pigmen warna oranye beta-karoten tersebut tertutupi oleh klorofil pada daun bayam.
 
2. Wortel
 
Selain enak dijadikan tambahan buat berbagai jenis makanan, wortel ternyata memiliki manfaat untuk bau badan loh! Ya, tak hanya terkenal bernutrisi tinggi, wortel juga salah satu makanan tinggi serat yang dapat membantu membersihkan pencernaan yang memicu bau badan.
 
3. Mentimun Selain dipercaya memiliki manfaat untuk mencerahkan ketiak, mentimun ternyata juga bisa mengatasi masalah bau badan. Pasalnya, mentimun mengandung banyak air, dan ditambah magnesium yang merupakan deodoran alami.
 
4. Buah-Buahan Citrus
 
Anda pasti sudah familiar dengan jeruk, lemon hingga jeruk Bali. Tak hanya sayuran, beberapa jenis buah-buahan citrus alias kelompok buah yang segar dan menyehatkan tersebut juga punya manfaat untuk mengatasi bau badan loh!
 
5. Jamur Kancing
 
Jamur kancing yang sering menjadi daftar menu makanan kesukaan Anda ternyata termasuk makanan penghilang bau badan yang perlu dicoba. Journal of Traditional and Complementary Medicine membuktikan, jamur yang dikenal dengan nama jamur champignon ini bisa mengurangi aroma bau badan.
 
6. Kemangi
 
Tanaman herbal berdaun hijau berbau harum juga dinilai ampuh untuk mengatasi masalah bau badan. Tanaman herbal mengandung klorofil dalam jumlah besar ternyata berfungsi menangkal bau badan.