Share

4 Cara Sembuhkan Inner Child yang Terluka

Penulis: Sopan Arman Inggara, Ilustrasi: Jurnalis
Jum'at 25 November 2022 18:26 WIB
INNER child merupakan gambaran diri seseorang yang dihasilkan dari pengalaman masa kecil. Kejadian tersebut cenderung belum terselesaikan dan berdampak pada kehidupan seseorang di masa depan. Umumnya, Inner child akan terbentuk dari pengalaman dan masa lalu kita yang memiliki kendala dan belum dapat diselesaikan dengan baik.
 
Baca Juga: Kenapa Pontianak Disebut Kota Kuntilanak?
 
Pada saat masih kecil, akan ada masa sulit sebagai seorang anak. Ini akan membentuk sebuah trauma yang membekas menjadi luka. Untuk menghindari perasaan terluka sisi anak kecil akan mengabaikannya dengan harapan bahwa rasa sakit tersebut akan hilang dengan sendirinya. Inner child yang terluka tidak bisa hilang selama ia belum disembuhkan.
 
Dikutip dari berbagai sumber, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan inner child. Antara lain.
 
Baca Juga: Rekor Gila Cristiano Ronaldo di Laga Timnas Portugal vs Ghana
 
1. Menulis
Menulis bisa membuat kita menuangkan rasa sakit dan kenangan yang kita lalui di masa lalu, hal ini cukup efektif untuk mencurahkan perasaan negatif yang selalu kita pendam, dengan menulis apa yang kita rasakan akan sedikit memberikan perasaan yang lega dan perlahan akan membuat kita mencoba berdamai dengan luka yang kita alami di masa lalu.
 
2. Membuka diri
Dalam proses penyembuhan, penting untuk kita belajar membuka dri terhadap hal-hal baru yang membantu kita untuk menyadari hal-hal yang ada di masa lalu.
 
3. Memaafkan
Belajar memaafkan kesalahan di masa lalu yang membuat inner child terluka. Meski berat, namun tanamkan dalam diri bahwa dengan memaafkan akan berdampak baik pada diri.
 
Selengkapnya simak infografis okezone ya!
 
Lihat Juga: Daftar 28 Pemain Timnas Indonesia yang Dipanggil TC Jelang Piala AFF 2022