Share

7 Makanan Khas Nusantara yang Diikuti Nama Daerah Asalnya

Penulis: Bayu Airlangga, Ilustrasi: Jurnalis
Senin 28 November 2022 10:50 WIB
MENGULAS 7 kuliner Indonesia yang diikuti nama daerah asalnya. Indonesia terkenal dengan berbagai kuliner khas nikmat serta menggugah selera.
 
Selain enak ada beberapa makanan yang terbilang cukup unik. Sebab makanan ini diberi nama sesuai daerahnya.
Berikut deretan keunikan kuliner Indonesia yang diikuti nama daerah menarik diulas:
 
BACA JUGA:4 Makanan yang Baik Jika Dikonsumsi Saat Mentah
 
1. Sate Padang
 
Saat menyebutkan sate padang, pasti beberapa orang sudah tahu makanan ini berasal dari Padang, Sumatera Barat. Makanan ini identitik dengan daging sapi yang dipotong-potong dan ditusuk lalu memiliki kuah kental khas Padang.
 
2. Soto Lamongan
 
Siapa yang tidak tahu makanan khas lamongan satu ini? Makanan berkuah berwarna kuning yang khas ini memang cocok dimakan selagi hangat, agar bisa mengembalikan energi.
 
BACA JUGA:5 Makanan Khas Indonesia Mendunia
 
3. Mi Aceh
 
Siapa yang tak mengenal mi Aceh? Ya, mi kuning tebal yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah ini sangat lezat. Apalagi jika ditambah dengan irisan daging sapi, daging kambing, atau makanan laut seperti cumi dan udang.
 
4. Ayam Taliwang
 
Ayam bakar Taliwang khas Pulau Lombok ini bisa menjadi kreasi baru dalam mengolah hidangan jenis ini. Terlebih karena menggunakan jenis ayam kampung yang menjadi ciri khasnya.
 
Aroma dan rasanya yang kuat akan terasa kurang jika tidak memakannya tanpa sambal dan nasi hangat.
 
5. Asinan Bogor
 
Asinan buah khas Bogor ini biasanya disajikan dalam bentuk seperti sop buah. Tapi, bedanya, kuah yang disajikan memiliki rasa edas, asin, dan asam dalam sekali seruput. Lalu, potongan buahnya pun tidak kecil-kecil. Sekali hap, biasanya cukup satu potong buah.
 
6. Dodol Garut
 
Sesuai dengan namanya Garut dikenal dengan julukan Kota Dodol. Julukan tersebut terpampang jelas pada tugu Kota Garut yang berada di daerah Tarogong.
 
7. Soto Banjar
 
Sebagai salah satu ikon kuliner Kalimantan Selatan, resep Soto Banjar asli biasanya dicari oleh segenap pencinta masakan tradisional.
 
Maklum, cara membuat Soto Banjar tak hanya khas namun cita rasanya juga sangat lezat. Popularitasnya bersanding masakan daerah lainnya seperti ayam masak habang, lontong orari, dan ketupat kandangan.