Share

5 Tradisi Unik Perayaan Imlek di Indonesia

Penulis: Bayu Airlangga, Ilustrasi: Jurnalis
Jum'at 20 Januari 2023 19:13 WIB
TAHUN Baru Imlek 2023 jatuh pada 22 Januari dan bershio Kelinci Air. Mengingat banyaknya warga keturunan Tionghoa di Indonesia, wajar saja jika setiap tahun digelar tradisi Imlek yang unik.
 
Baca Juga: Car Free Day Ditiadakan Saat Imlek
 
Setiap daerah di Indonesia tentu saja punya tradisi unik Imlek masing-masing. Penasaran seperti apa? Intip daftarnya berikut ini.
 
1. Larangan Membalik Ikan saat Makan
 
Tradisi unik Imlek di Indonesia pertama adalah larangan membalikan ikan saat hendak menyantapnya. Artinya, tidak diperbolehkan membalik ikan kemudian mengambil daging di bawah demi menyisakan untuk santapan esok hari.
 
Baca Juga: 4 Makna Jeruk Mandarin dalam Perayaan Imlek
 
2. Bersih-bersih Rumah
 
Bersih-bersih rumah masuk dalam bagian tradisi unik Imlek di Indonesia. Ini dilakukan bukan semata-mata agar rumah menjadi bebas kotoran.
 
Dipercaya, tradisi bersih- bersih rumah bakal membuang nasib buruk satu tahun terakhir.
 
3. Kembang Api dan Petasan
 
Di urutan ketiga tradisi unik imlek di Indonesia berupa menyalakan kembang api dan petasan. Bahkan ini tak hanya ada di Indonesia, negara china sekalipun dapat menyalakan kembang api hingga petasan selama 15 hari.
 
Menyalakan kembang api dan petasan dengan dentuman suara keras dipercaya mampu menakuti roh jahat serta binatang bernama Nian.
 
4. Barongsai dan Liong
 
Ada radisi unik imlek di Indonesia yang tak boleh terlewat , apalagi kalau bukan tarian barongsai dan liong. Tarian satu ini melambangkan kebahagiaan.
 
Jika dihadirkan tarian barongsai dan liong, konon keberuntungan datang dan roh jahat pengganggu manusia pun pergi.
 
5. Tak Boleh Makan Bubur
 
Menyantap bubur saat Tahun Baru Imlek tak diperbolehkan. Meskipun di Indonesia hidangan ini sangat umum di Indonesia, tapi ada kepercayaan Tionghoa yang pantang menyajikannya.