Share

5 Pulau Indonesia Telah Diambil oleh Negara Lain, Ada Sipadan dan Ligitan

Penulis: Sopan Arman Inggara, Ilustrasi: Jurnalis
Selasa 24 Januari 2023 16:23 WIB
MENGULAS 5 pulau Indonesia yang telah diambil oleh negara lain. Indonesia memang memiliki banyak pulau. Selain enam pulau besar, menurut data Badan Pusat Statistik, Indonesia juga memiliki 16.766 pulau kecil.
 
BACA JUGA: 5 Negara Miliki Pulau Terbanyak di Dunia
 
Sayangnya, beberapa pulau yang ada justru diklaim bahkan diambil oleh negara lain. Tentu, ini disebabkan keberadaan pulau tersebut ada di perbatasan. Sehingga tak sedikit negara tetangga yang mengklaim teritori pulau tersebut.
 
Adapun berikut ini 5 pulau Indonesia yang telah diambil oleh negara lain hingga masuk Mahkamah Internasional.
 
1. Pulau Sipadan
Pulau yang terletak di Selat Makassar atau tepatnya di sebelah utara Pulau Tarakan, Kalimantan Utara ini sudah menjadi sengketa sejak 1967.
 
BACA JUGA: 5 Pulau Paling Mematikan di Dunia
 
2. Pulau Ligitan
Bernasib sama dengan Pulau Sipadan, Pulau Ligitan juga termasuk pulau yang disengketakan antara Indonesia dan Malaysia. Pulau yang memiliki luas 7,9 hektar ini terletak di ujung timur laut Pulau Kalimantan.
 
3. Pulau Atauro
Pulau Atauro berada di utara Pulau Timor antara Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur dan Kabupaten Maluku Barat Daya, Maluku. 
 
4. Pulau Jaco
Sama halnya dengan Pulau Atauro, Pulau Jaco juga menjadi bagian dari Negara Timor Leste yang memerdekakan diri dari Indonesia.Pulau yang terletak di ujung timur dari Pulau Timor.
 
5. Pulau Sebatik
Pulau Sebatik yang ada di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara juga menjadi permasalahan yang panjang. Pada 2019 lalu Kepala Pusat Pemetaan Batas Wilayah Badan Informasi Geospasial (BIG) Ade Komara Mulyana mengatakan Indonesia dan Malaysia akan menyepakati penyelesaian Outstanding Boundary Problem (OBP) di Pulau satu ini.
 
Selengkapnya simak infografis okezone ya!
 
LIHAT JUGA: 5 Perselisihan Terpanas Antara Pelatih dan Pemain, Ada Sir Alex vs David Beckham