Share

5 Pesepakbola Indonesia Punya Temperamen Tinggi

Penulis: Sopan Arman Inggara, Ilustrasi: Jurnalis
Selasa 22 Maret 2022 18:59 WIB
ADA 5 pesepak bola Indonesia yang dikenal mempunyai tempramen tinggi. Hal itu membuat emosi pemain bisa meledak dan bisa bertindak kasar di lapangan.
 
Namun, di sisi lain memiliki tempramental yang tinggi kerap kali diperlukan. Hal itu bertujuan agar secara mental tetap kuat, meski lawan mencoba untuk menjatuhkan dengan beragam cara.
 
Baca Juga: 5 Legenda Pesepakbola Murah Senyum
 
Fenomena pemain sepak bola tempramen jadi hal lumrah di dunia. Bahkan, ada juga pesepak bola Indonesia yang dikenal memiliki tempramen tinggi.
 
Lantas siapa saja pesepak bola Indonesia yang dimaksud? Berikut 5 pesepak bola Indonesia yang mempunyai termpramen tinggi.
 
5. Manahati Lestusen
Salah satu contohnya ketika dirinya memukul Marc Klok pada 2017. Ketika itu klubnya PS TNI sedang bersua PSM Makassar, di Stadion Pakansari.
 
Aksi tersebut mendapat protes dari penggemar sepak bola Indonesia. Mayoritas menyesalkan perilaku Manahati. Apalagi ia merupakan yang langganan dipanggil timnas serta berstatus aparat militer aktif.
 
Baca Juga: 5 Pesepakbola Indonesia Berprestasi di Mancanegara
 
4. Patrich Wanggai
Pemain berdararah Nabire, Papua ini dikenal menjadi mudah terpancing emosi ketika insiden tahun 2019. Saat itu, Patrich Wanggai diketahui sengaja menendang pemain lawan, ketika membela Kalteng Putra melawan Persib Bandung. Pemain berposisi penyerang itu pun langsung diganjar sanksi cukup berat. Dirinya dilarang bermain dua kali dan dikenai sanksi Rp10 juta.
 


 
3. Ferdinand Sinaga
Penyerang andalan PSM Makassar ini memang dikenal mudah meledak di lapangan. Ia sempat terlibat adu jotos dengan beberapa pemain.

Salah satu yang paling diingat adalah ketika ia memukul pemain Persela Lamongan, Ivan Carlos. Hal itu terjadi pada tahun 2017. Usai insiden itu Ferdinand Sinaga mendapat sanksi tidak boleh bermain empat pertandingan. Ia juga dedenda Rp10 juta oleh PSSI.
 
2. Abduh Lestaluhu
Saat itu ia sedang berusaha mengembalikan kemenangan Timans Indonesia setelah tertinggal dari Thailand di leg kedua Final Piala AFF 2016. Ia terpancing emosi setelah diprovokasi oleh pemain Thailand.
 
Nasib sial menimpa Abduh Lestaluhu. Ia pun diganjar kartu merah. Selain itu, ia mendapatkan sanksi dari AFC berupa larangan bermain dua pertandingan bersama Timnas Indonesia plus denda USD1000 (sekira Rp14,3 juta)
 
Baca Juga: 5 Pesepakbola Kaya Raya Jatuh Miskin
 
1. Bagus Kahfi
Salah satu insiden yang pernah terjadi adalah ketika ia murka di hadapan Shin Tae-yong di laga Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 pada Oktober 2021 lalu. Ketika itu Timnas Indonesia U-23 sedang berhadapan versus Timnas Australia U-23.
 
Kala itu Bagus kesal karena baru dimainkan dari bangku cadangan di menit ke-57. Namun, ia tiba-tiba ditarik kembali di menit ke-84. Bagus digantikan oleh Ronaldo Kwateh.
 
Selengkapnya simak dalam infografis okezone di atas ya!