Share

5 Alasan Timnas Indonesia Harus Bertahan di AFF

Penulis: Sopan Arman Inggara, Ilustrasi: Jurnalis
Kamis 28 Juli 2022 22:00 WIB
SEBANYAK 5 alasan Timnas Indonesia harus bertahan di AFF akan diulas dalam artikel ini. Rumor kepindahan Timnas Indonesia dari Federasi Sepakbola Asia Tenggara (AFF) ke Federasi Sepakbola Asia Timur (EAFF) memang santer dibicarakan.
 
Baca Juga: 5 Alasan Timnas Indonesia Bakal Juara Piala AFF 2022
 
Meski belum ada kejelasan pasti dari Federasi Sepakbola Indonesia (PSSI), langkah Timnas Indonesia keluar gerbang AFF bisa saja terealisasi. Akan tetapi, sebelum mengambil keputusan, alangkah baiknya PSSI mempertimbangkan alasan lainnya.
 
Tim Okezone sendiri merangkum, paling tidak ada 5 alasan Timnas Indonesia harus tetap bertahan di AFF. Apa saja? Berikut 5 alasan Timnas Indonesia harus bertahan di AFF:
 
Baca Juga: Asnawi Mangkualam atau Pratama Arhan, Shin Tae-yong Pilih Siapa?
 
5. Magnet Sepakbola Asia
Hal itu terlihat dari sejumlah pelatih asing, terutama di Asia yang banyak melatih tim Asia Tenggara. Bukti nyatanya Timnas Indonesia saat ini dilatih Shin Tae-yong, yang notabene orang Korea Selatan.
 
4. Jadi Sorotan Dunia
Meski hanya berlaga di level Asia Tenggara, kiprah Timnas Indonesia bisa jadi sorotan dunia. Hal itu sudah terbukti, sejumlah pemain Timnas Indonesia nyatanya banyak berkarier di luar negeri.
 
Baca Juga: Fakta-Fakta Kematian Mahasiswi UMI Makassar
 
3. Punya Basis Pendukung yang Besar
Sepakbola merupakan olahraga favorit nomor satu di Indonesia. Karena itu bukan hal tabu jika masyarakat Indonesia jadi pendukung setia Timnas Indonesia.
 
2. Disegani di Asia Tenggara
Bukan hal baru jika Timnas Indonesia masuk dalam jajaran tim elite di Asia Tenggara. Bahkan sejak dulu mentas di Piala AFF, Timnas Indonesia dikenal sebagai raja Asia Tenggara.
 
1. Bantu Perkembangan Sepakbola Asia Tenggara
Itu artinya bisa jadi tolok ukur bagi negara Asia Tenggara, untuk mencontoh Timnas Indonesia membina kualitas pemain. Selain itu, Timnas Indonesia diyakini turut andil membantu perkembangan sepakbola di Asia Tenggara.
 
Selengkapnya simak infografis okezone ya!
 
Lihat Juga: Faiq Jefri Bolkiah Jajal Jakarta International Stadium