Share

BBM Pertalite Boros Usai Harga Naik?

Penulis: Sopan Arman Inggara, Ilustrasi: Jurnalis
Kamis 22 September 2022 09:45 WIB
PT Pertamina (Persero) menjelaskan soal isu bahwa penggunaan Pertalite sekarang lebih boros dari sebelumnya. Pertamina menegaskan bahwa tidak ada perubahan spesifikasi pada benisn dengan kualitas RON 90 tersebut.
 
Baca Juga: Motor-Motor Ini Dilarang Beli Pertalite
 
Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting menjelaskan, standar dan mutu Pertalite yang dipasarkan melalui lembaga penyalur resmi di Indonesia sesuai dengan Keputusan Dirjen Migas No. 0486.K/10/DJM.S/2017 tentang Standar dan Mutu (Spesifikasi) Bahan Bakar Minyak Jenis Bensin 90 Yang Dipasarkan Di Dalam Negeri.
 
"Batasan dalam spesifikasi Dirjen Migas yang menunjukkan tingkat penguapan pada suhu kamar di antaranya adalah parameter Reid Vapour Pressure (RVP). Saat ini hasil uji RVP dari Pertalite yang disalurkan dari terminal bahan bakar minyak (TBBM) Pertamina masih dalam batasan yang diizinkan, yaitu dalam rentang 45-69 kPa (Kilopascal), " kata Irto saat dihubungi MNC Portal, Kamis (22/9/2022).
 
Baca Juga: Akhir Perjalanan Karier Ferdy Sambo
 
Menurutnya, penguapan dapat berubah lebih cepat jika temperatur penyimpanan meningkat. Secara spesifikasi, batasan maksimum untuk penguapan (atau yang biasa dikenal dengan istilah destilasi) Pertalite adalah 10%, dibatasi maksimal 74 derajat Celsius.
 
"Secara umum produk Pertalite ada di suhu 50 derajat Celcius. Artinya, pada saat tempertur 50 derajat Celsius, Pertalite sudah bisa menguap hingga 10%. Semakin tinggi temperatur, maka akan semakin tinggi tingkat penguapan," ungkapnya.
 
Selengkapnya simak infografis okezone ya!
 
Lihat Juga: Surat Permohonan Naturalisasi Shayne Pattynama Diterima DPR RI