Share

5 Tanda Kiamat Sudah Muncul di Timur Tengah

Penulis: Sopan Arman Inggara, Ilustrasi: Jurnalis
Selasa 27 September 2022 12:12 WIB
Terdapat lima tanda-tanda kiamat yang sudah muncul di Timur Tengah. Kiamat sendiri, merupakan fenomena yang digambarkan sebagai hari akhir kehidupan makhluk hidup di Bumi.
 
 
Gambaran mengenai kiamat sebenarnya telah tertulis di dalam Alquran, begitu pula dengan tanda-tandanya. Banyak yang meyakini jika beberapa fenomena yang ada di Timur Tengah sebagai tanda-tanda kiamat.
Lantas, apa saja tanda-tanda kiamat yang sudah muncul di Timur Tengah? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut paparan selengkapnya.
 
 
1. Pohon kurma Baisan yang tidak lagi berbuah
Rasulullah SAW dalam sebuah hadis bersabda, "Keluarnya Dajjal ditandai dengan keringnya Danau Tiberias, keringnya mata air Zughar, dan pohon kurma Baisan tidak lagi berbuah.”
Baisan merupakan sebuah wilayah yang ada di Palestina, tepatnya di Al-Ghaur. Sampai saat ini, pohon-pohon kurma di daerah tersebut masih berbuah. Namun, pada tahun 2015 terjadi penurunan jumlah karena terserang hama.
 
2. Danau Tiberias yang mengering
Danau Tiberias atau Sea of Galilea tersebut terletak di dekat dataran tinggi Golan atau sekitar 30 km dari timur kota Nazaret. Hadist Riwayat Imam Muslim dari Fatimah binti Qais mengisahkan seseorang yang bernama Tamim ad-Dari pernah mendatangi Nabi dan bercerita mengenai pertemuannya dengan Dajjal.
“Beritakan kepadaku tentang danau Tiberias!’ Kami pun berkata, ‘Tentang apanya yang ingin engkau ketahui?’ Dia berkata, “Apakah di sana ada airnya?’ Kami menjawab, ‘Danau itu banyak airnya, ‘Dia berkata, ‘Ketahuilah airnya tak lama lagi akan habis.” (Hadist Riwayat Imam Muslim).
 
Selengkapnya simak infografis okezone ya!