Share

Sisi Lain Pelarangan Minuman Keras di Piala Dunia 2022 Qatar

Penulis: Sopan Arman Inggara, Ilustrasi: Jurnalis
Kamis 24 November 2022 18:03 WIB
SISI lain larangan minuman beralkohol di Piala Dunia 2022, disyukuri sebagian fans. Sebelumnya, aturan tegas dari FIFA ini sempat memicu kontroversi dan dikritik para fans yang melancong ke Qatar.
 
Baca Juga: 5 Negara yang Paling Banyak Gunakan Pemain Keturunan di Piala Dunia 2022
 
Namun demikian, sebagaimana dilansir Al Jazeera, Kamis (24/11/2022), suporter tuan rumah justru mensyukuri hal ini. Abdulla Murad Ali, seorang bankir di Qatar mengutarakan harapannya agar para fans yang melancong memperlakukan tuan rumah sebagai negara kedua mereka.
Di sisi lain, dia berharap para suporter dari negara lain juga harus menghormati budaya Qatar.
 
“Qatar adalah negara Islam, dan alkohol haram dalam agama kami. Yang kami minta hanyalah dunia menunjukkan 'ehtaram' (rasa hormat) terhadap budaya kami,” katanya.
 
Baca Juga: 5 Calon Klub Cristiano Ronaldo Setelah Resmi Tinggalkan Manchester United
 
Untuk diketahui, Qatar tidak sebenarnya melarang minuman beralkohol ini. Para fans bisa tetap menikmatinya ketika ada di tempat-tempat tertentu, seperti hotel, bar, dan Zona Penggemar yang digelar oleh FIFA secara resmi. Namun, minuman keras ini dilarang untuk beredar di sekitar stadion
 
Meski begitu keputusan ini banyak dikritik, terutama dari suporter Inggris yang mengeluh dan menganggap tuan rumah tak memahami "budaya minum" mereka.
 
FIFA menjelaskan, mereka mengambil keputusan tersebut setelah berdiskusi dengan otoritas Qatar.
 
Selagi para fans luar Qatar tersebut mengeluh, keputusan ini disyukuri oleh beberapa fans lainnya. Sonia Nemmas, seorang ibu asal Yordania yang melawat ke Qatar karena dibesarkan dalam rumah tangga yang gila sepak bola, pun menyampaikan rasa syukurnya.
 
Keluarga tersebut memiliki tiket untuk pertandingan larut malam dan khawatir berada di stadion di mana penggemar yang mabuk berpotensi hadir.
 
Selengkapnya simak infografis okezone ya!
 
Lihat Juga: Daftar 28 Pemain Timnas Indonesia yang Dipanggil TC Jelang Piala AFF 2022