Share

5 Fakta Anwar Ibrahim Jadi PM Malaysia

Penulis: Sopan Arman Inggara, Ilustrasi: Jurnalis
Jum'at 25 November 2022 20:16 WIB
RAJA Malaysia Yang di-Pertuan Agung Al Sultan Abdullah telah menyetujui untuk mengangkat Anwar Ibrahim sebagai Perdana Menteri Malaysia ke-10.
 
Hal tersebut diungkapkan oleh Pengawas Keuangan Rumah Tangga Kerajaan Datuk Seri Ahmad Fadil Syamsuddin, Kamis (24/11/2022).
 
BACA JUGA: Rekor Gila Cristiano Ronaldo di Laga Timnas Portugal vs Ghana
 
Berikut 5 Fakta terkait Anwar Ibrahim jadi PM Malayisa:
 
1. Ditentukan Raja
Lantaran terjadi 'drama' hasil Pemilu Malaysia, Raja Al-Sultan Abdullah akhirnya menunjuk pemimpin koalisi partai Pakatan Harapan (PH), Anwar Ibrahim, sebagai Perdana Menteri Malaysia ke-10 pada Kamis (24/11/2022).
 
Nama Anwar keluar sebagai PM baru Malaysia setelah Raja Abdullah menggelar "rapat khusus" dengan sembilan sultan Melayu yang memimpin negara-negara bagian di Malaysia.
 
Sulitnya penentuan PM baru Malaysia terjadi karena pemilu menghasilkan parlemen menggantung. Tak ada satu partai pun yang mendapat suara mayoritas di parlemen.
 
Koalisi Pakatan Harapan (PH) yang dipimpin oleh Anwar Ibrahim memenangkan 82 kursi. Partainya masih membutuhkan ukungan dari 30 anggota parlemen lagi untuk mengamankan 112 kursi.
 
Di sisi lain, koalisi Perikatan Nasional (PN) yang dipimpin oleh mantan PM Muhyiddin Yassin, memenangkan 73 kursi. Sementara koalisi Barisan Nasional (BN), yang didominasi oleh UMNO, di urutan ketiga dengan 30 kursi.
 
2. Tak Mau Berkoalisi dengan Anwar
Meski memiliki suara dominan, tak ada yang mau berkoalisi dengan Anwar Ibrahim. Baik Muhyiddin dan UMNO.
 
PM saat ini Ismail Sabri mengumumkan di Twitter bahwa Barisan Nasional tidak akan bergabung dengan koalisi apa pun dan tetap menjadi oposisi.
 
BACA JUGA: Daftar 28 Pemain Timnas Indonesia yang Dipanggil TC Jelang Piala AFF 2022
 
3. Saling Klaim
Sementara itu, Anwar Ibrahim mengklaim telah mendapat dukungan yang cukup untuk membentuk pemerintahan, namun dia tidak memberikan rincian lebih lanjut. Begitu pula Muhyiddin Yassin yang mengungkapkan klaim serupa.
 
Selengkapnya simak infografis oekzone ya!
 
Lihat Juga: 4 Pesohor Tanah Air Pernah Tersandung Kasus Pencemaran Nama Baik