Share

4 Manfaat Sarapan dengan Alpukat dan Telur

Penulis: Bayu Airlangga, Ilustrasi: Jurnalis
Selasa 29 November 2022 15:14 WIB
ROTI panggang dengan alpukat dan telur, atau avocado toast jadi salah satu pilihan menu sarapan sehat banyak orang.
 
Baca Juga: 5 Manfaat Sarapan dengan Roti Gandum
 
Dikombinasikan dan dikonsumsi dengan cara yang benar, alpukat dan telur bisa berikan dosis energi dan rasa kenyang yang baik, dan banyak nutrisi bermanfaat bagi tubuh.
 
Ahli gizi Valentina Schirò, spesialis ilmu makanan mengatakan, saat alpukat dan telur dikombinasikan dengan roti panggang gandum, maka sudah jadi satu menu makanan yang menyediakan bermacam nutrisi yang memberikan dosis energi dan rasa kenyang yang baik yang bertahan lama.
 
Bukan hanya energi untuk semangat menjalani aktivitas seharian dan juga rasa kenyang yang baik. Makan alpukat dan telur untuk sarapan, punya sederet manfaat kesehatan lainnya. Berikut ulasan singkatnya, sebagaimana dijelaskan ahli gizi Valentina Schirò, spesialis ilmu makanan, dilansir dari Lacucina Italiana, Selasa (29/11/2022).
 
Baca Juga: 5 Manfaat Sarapan dengan Buah Naga
 
1. Melindungi otak: Kombinasi telur dan alpukat menghasilkan sifat penting untuk melindungi sel-sel otak. Lemak baik yang kaya akan menjaga kesehatan neuron, membantu memetabolisme glukosa dan meningkatkan aktivitas otak. Asam amino esensial malah mendukung fusi neurotransmiter yang terlibat dalam fungsinya yang tepat. Sarat dengan selenium, fosfor, dan magnesium, yang membantu menjaga pikiran agar tetap tajam.
 
2. Mengurangi risiko depresi: Makan telur bersama dengan alpukat meningkatkan sintesis hormon pengurang stres.
 
Kombinasi ini menghasilkan asam amino esensial termasuk triptofan, prekursor serotonin, hormon suasana hati yang baik dan tirosin, yang memfasilitasi produksi dopamin, hormon rasa senang. Ditambah vitamin D dan vitamin B-kompleks, yang meningkatkan produksinya dan membantu memerangi kecemasan dan perasaan cepat marah.
 
3. Menyehatkan organ jantung: Kenapa? Karena ada beberapa nutrisi yang mengurangi risiko kardiovaskular di dalamnya.
 
Contohnya lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda, seperti Omega 3 dan Omega 6, sehingga bisa menangkal pengendapan trigliserida dan kolesterol jahat LDL, kata ahli gizi Valentina Schirò. Selain itu juga membantu mengatur tekanan darah. dan memfasilitasi sirkulasi darah agar berfungsi dengan baik.
 
4. Melawan insomnia: Makan telur dan alpukat juga baik untuk malam malam, apalagi bagi penderita insomnia. Triptofan meningkatkan produksi melatonin, hormon perangsang tidur. Vitamin B kompleks dan asam lemak esensial meningkatkan aksi sedatifnya, sedangkan asam glutamat merangsang produksi Gaba, hormon yang melemaskan tubuh dan pikiran, serta meningkatkan kualitas dan lama tidur.