Share

5 Manfaat Sarapan dengan Buah Naga

Penulis: Bayu Airlangga, Ilustrasi: Jurnalis
Kamis 24 November 2022 10:49 WIB
BUAH naga menjadi salah satu buah populer, yang banyak digunakan baik untuk campuran makanan ataupun minuman. Buah ini sangat cocok dinikmati sebagai hidangan sarapan.
 
Baca Juga: 5 Manfaat Sarapan dengan Singkong
 
Selain rasanya yang manis, buah naga juga kaya antioksidan, vitamin dan nutrisi. Tentu saja ada banyak manfaat mengonsumsi buah naga untuk kesehatan tubuh.
 
Dikutip dari WebMD, berikut ulasannya untuk Anda.
 
1. Mencegah kanker
 
Seperti yang diketahui sebelumnya, buah naga kaya akan antioksidan seperti flavonoid, asam fenolik, dan betasianin. Zat alami ini akan melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Yaitu sebuah molekul yang dapat menyebabkan penyakit seperti kanker dan penuaan dini.
 
Baca Juga: 4 Manfaat Sarapan dengan Buah Stroberi
 
2. Menurunkan gula darah
 
Para peneliti mengatakan buah naga mampu membantu menurunkan gula darah. Ia juga disinyalir dapat menggantikan sel-sel yang rusak di pankreas untuk membuat insulin. Hormon ini yang membantu tubuh memecah gula.
 
3. Bagus untuk pencernaan
 
Buah naga mengandung prebiotik yang memberikan keseimbangan antara bakteri baik dan jahat dalam tubuh. Secara khusus, buah naga mendorong pertumbuhan probiotik lactobacilli dan bifidobacteria . Di dalam usus, kandungan tersebut dan bakteri baik lainnya dapat membunuh virus dan bakteri penyebab penyakit. Mereka juga membantu mencerna makanan.
 
4. Menjaga kekebalan tubuh
 
Buah naga kaya akan vitamin C dan antioksidan lainnya. Tentu saja akan sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh.
 
5. Memberi energi
 
Buah naga dapat meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh. Zat besi penting untuk menggerakkan oksigen ke seluruh tubuh dan memberikan energi. Selain itu, vitamin C dalam buah naga membantu tubuh menyerap dan menggunakan zat besi dengan baik dan benar.