Share

4 Manfaat Sarapan dengan Buah Stroberi

Penulis: Bayu Airlangga, Ilustrasi: Jurnalis
Jum'at 11 November 2022 10:29 WIB
STROBERI adalah buahan yang segar disantap kapan saja dan di mana saja. Buah ini dapat dikonsumsi langsung, namun enak juga diolah menjadi berbagai jenis santapan. Seperti smoothie, jus, atau salad.
 
Baca Juga:5 Manfaat Sarapan dengan Singkong
 
Buah berwarna pink terang ini kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh. Sangat cocok disantap untuk menu sarapan.
 
Dikutip dari webMD, berikut manfaat stroberi untuk kesehatan tubuh.
 
1. Rendah gula
 
Polifenol dalam stroberi telah terbukti meningkatkan sensitivitas insulin pada orang dewasa non-diabetes. Stroberi tidak hanya rendah gula, tetapi juga membantu Anda memetabolisme bentuk glukosa lainnya.
 
Baca Juga:5 Manfaat Sarapan dengan Telur
 
2. Mempercantik kulit
 
Stroberi memiliki efek anti-inflamasi yang dapat mencegah kerusakan kulit saat dioleskan. Dalam satu penelitian kecil, perawatan kosmetik berbasis stroberi melindungi kulit yang terpapar radiasi Ultraviolet A (UVA) yang berbahaya, terutama dalam kombinasi dengan Coenzyme Q10.
 
3. Kurangi risiko nyeri sendi
 
Satu penelitian kecil menunjukkan manfaat anti-inflamasi stroberi juga dapat melindungi bagian tubuh lainnya, termasuk persendian. Untuk penderita osteoarthritis dan nyeri lutut, stroberi dapat membantu mengurangi rasa sakit dan bengkak serta meningkatkan kualitas hidup. Konsumsi stroberi telah terbukti secara signifikan mengurangi rasa sakit yang konstan, intermiten, dan total bagi penderita osteoartritis.
 
4. Cegah penyakit kronis
 
Stroberi mengandung berbagai senyawa bioaktif yang telah menunjukkan efek perlindungan terhadap penyakit kronis. Efek antioksidan dan anti-inflamasinya dapat meningkatkan fungsi kognitif dan kesehatan mental. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa memasukkan stroberi, serta buah beri lainnya, ke dalam makanan Anda dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular, kanker, Alzheimer, dan gangguan lainnya.