Share

5 Manfaat Sarapan dengan Singkong

Penulis: Bayu Airlangga, Ilustrasi: Jurnalis
Jum'at 04 November 2022 12:36 WIB
SINGKONG menjadi makanan pokok dari beberapa daerah di Indonesia. Ia adalah sumber nutrisi yang rendah kalori. Kandungan karbohidratnya komplek dan tidak memiliki gluten sehingga aman untuk dikonsumsi siapa saja. Terutama mereka yang alergi dengan kandungan gluten.
 
Baca juga:5 Manfaat Sarapan dengan Telur untuk Kesehatan!
 
Namun jangan sekali-kali mencoba mengonsumsinya mentah-mentah. Karena konon katanya ada kandungan racun sianida dalam singkong mentah.
 
Meski begitu, ada beberapa manfaat dari mengonsumsi singkong untuk kesehatan tubuh. Apalagi disantap untuk sarapan di pagi hari.
 
Baca juga:5 Manfaat Sarapan dengan Buah Anggur untuk Kesehatan!

 
Berikut manfaat konsumsi singkong dikutip dari wellandgood, Kamis (3/11/2022).
 
1. Kaya akan vitamin C
 
Singkong kaya akan vitamin C yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Ia akan membantu untuk memproduksi kolagen secara alami yang juga bagus untuk kulit.
 
 
2. Tinggi antioksidan
 
Dalam tiap porsinya, ada senyawa fenolik anti inflamasi. Ia akan membantu menyediakan berbagai antioksidan yang bagus untuk kesehatan jangka pendek atau bahkan jangka panjang.
 
 
3. Sumber karbohidrat komplek
 
Makanan bertepung memiliki reputasi yang buruk untuk kesehatan. Namun kandungan karbohidratnya menjadi sumber energi yang disukai dan paling efisien untuk sistem saraf pusat dan otot. Ia juga menawarkan vitamin, antioksidan dan serat tidak larut sehingga ini yang membuat singkong menjadi sumber karbohidrat komplek.
 
4. Kaya serat
 
Singkong dapat menyehatkan usus. Ia berkonstribusi pada asupan serat makanan yang memadai yang dikaitkan dengan kontrol gula daarah dan penurunan kadar kolesterol darah. Ini kemudian mengerucut pada sistem kekebalan tubuh.
 
5. Menyehatkan mata
 
Singkong juga memiliki banyak vitamin A yang berperan penting menjadi kesehatan mata. Beberapa penelitian bahkan menyarankan agar sering konsumsi singkong untuk mengurangi risiko kekurangan vitamin A.