Share

5 Tokoh Indonesia Pernah Bertemu Ratu Elizabeth II

Penulis: Sopan Arman Inggara, Ilustrasi: Jurnalis
Kamis 15 September 2022 12:59 WIB
WAFATNYA Ratu Elizabeth II menjadi berita hangat yang mengejutkan seluruh dunia. Para pemimpin dan tokoh dunia berbondong-bondong memberikan penghormatan terakhir mereka untuk sang Ratu.
 
Baca Juga:
--------------------------------
5 Tokoh Dunia Pernah Liburan ke Indonesia
--------------------------------
Mengenal Larry, Kucing Ikonik yang Setia Menemani Perdana Menteri Inggris
--------------------------------
 
Wanita kelahiran 21 April 1926 ini meninggal pada Kamis, 8 September 2022 di usia 96 tahun. Kerajaan Inggris akan menyelenggarakan upacara pemakaman Ratu Elizabeth II pada 19 September 2022.
 
Sebagai seorang pemimpin negara, Ratu Elizabeth II tentunya kerap melakukan perjalanan diplomatik ke berbagai negara. Maka dari itu, tidak heran jika Ratu banyak menemui para pemimpin dan tokoh dunia, tak terkecuali tokoh-tokoh Indonesia.
 
Lalu, siapa saja tokoh-tokoh Indonesia yang pernah bertemu Ratu Elizabeth II? Berikut ulasannya.
 
1. Ali Sadikin
Selama bertahta, Ratu Elizabeth II pernah mengunjungi Indonesia. Ratu Elizabeth II beserta suami dan rombongan mengunjungi Indonesia dalam rangka Royal Tour tahun 1974. Dalam kunjungannya tersebut, Ratu dan rombongan datang menggunakan kapal pesiar kerjaaan Royal Yacht Britannia. Kapal tersebut berlabuh di Pelabuhan III Samudera Pura, Tanjung Priok, Jakarta Utara.
 
Baca Juga: Mengenal Istana Buckingham di London
 
2. Soeharto
Dalam kunjungan ke Jakarta pada 1974, Ratu Elizabeth II beserta Pangeran Philip dan rombongan mengunjungi Istana Negara. Mereka mendapat sambutan oleh Presiden Soekarno dan Ibu Tien.
 
Selama berada di Jakarta, Ratu Elizabeth diajak mengunjungi beberapa tempat di Ibu Kota seperti Museum Sejarah Jakarta dan Kota Tua.
 
3. Sultan Hamengku Buwono IX
Usai mengunjungi Jakarta, Ratu Elizabeth II beserta rombongannya bertolak ke Yogyakarta. Mereka disambut langsung oleh Sultan Hamengku Buwono IX di Keraton Yogyakarta. Sambutan tersebut berlangsung meriah dengan iringan 400 prajurit Keraton berseragam lengkap.
 
Selengkapnya simak infografis okezone ya!
 
Lihat Juga: 5 Kunci Sukses Timnas Indonesia U-20 Bantai Timor Leste 4-0